Sukacita Ahir Dari KKN UPI Di Sektor 7 Sukamenak

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Kab.Bandung –
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ganjil periode 2019-2020 yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memiliki tema Citarum Harum Multihelix. Selain berfokus pada kebersihan Sungai Citarum, seluruh program kerja yang disusun pun memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, dan budaya masyarakat di Desa Sukamenak.

Untuk mengakhiri kegiatan KKN ini, Mahasiswa UPI menyelenggarakan acara puncak yang berjudul ‘SUKACITA: Sukamenak Punya Cerita’.
Kegiatan SUKACITA memiliki beberapa rangkaian kegiatan diantaranya : Gerak Jalan Sehat, Lomba Mewarnai untuk anak-anak, pengenalan Olahraga Tradisional, Penanaman dan Pembagian bibit pohon siap tanam.

Acara ini dilakukan pada hari Sabtu (25/01/2020) di lapangan olahraga RW 07, Komplek Sukamenak Indah, Desa Sukamenak.
Acara dimulai dari Gerak Jalan Sehat dengan mengelilingi Komplek Sukamenak Indah lalu keluar menuju Jalan Sukaluyu, kemudian melewati Jalan Sukamenak, sampai akhirnya masuk kembali ke Komplek Sukamenak Indah.

Kegiatan ini diikuti oleh warga sekitar dan untuk memeriahkan acara ada beberapa doorprize yang dibagikan untuk warga yang beruntung.
Acara lainnya ada Lomba Mewarnai untuk anak-anak mulai dari umur 4-10 tahun.

Pemenang lomba ini berjumlah 3 orang dengan hadiah buku, alat tulis, dan sertifikat. Untuk seluruh peserta yang hadir menadapatkan buku dan bingkisan makanan.

Disamping itu terdapat sesi dimana Mahasiswa KKN UPI memperkenalkan olahraga tradisional kepada warga sekitar seperti permainan egrang, gasing, dan boyboyan. Beberapa warga mengikuti instruksi permainan dari para mahasiswa dan banyak anak-anak yang antusias mengikuti permainan tradisional ini.

Di akhir acara terdapat penanaman dan pembagian bibit pohon. Acara ini bekerja sama dengan Taman Huran Raya Djuanda Bandung dalam hal penyediaan bibit pohon siap tanam. Penanaman pohon dilakukan di anak Sungai Citarum yaitu Curug Dogdog bersama dengan Sekertaris Desa Sukamenak, Bapak Taufik; Ketua BPD, Bapak Aminudin; Perwakilan Bintara Pembina Desa (BABINSA), Bapak Barus; Ketua RW 07, Bapak Agustri; Ketua RT 10, ; Ketua Pengurus Bank Sampah Desa Sukamenak, Bapak Sunarto. Setelah itu sesi pembagian bibit kepada warga sekitar dimulai hingga akhir acara.

Kegiatan ini mendapatkan banyak bantuan mulai dari pihak Desa Sukamenak, Badan Permusyaratan Desa Sukamenak,Karang Taruna, RT/RW, Kader PKK, hingga masyarakat sekitar.
“Acara ini merupakan program kerja gabungan dari Mahasiswa KKN UPI Sukamenak Kelompok 1 dan 2 dimana memiliki tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga sekaligus perpisahan kami dengan warga Desa Sukamenak.

Kata SUKACITA sendiri merupakan singkatan dari Sukamenak Punya Cerita yang diharapkan dapat menciptakan suasana yang penuh sukacita di Desa Sukamenak”, sambung Muhammad Ilham Rasyid, selaku ketua pelaksana acara SUKACITA.
Bapak Taufik, Sekertaris Desa Sukamenak menanggapi kegamiatan ini dengan bi “saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN UPI yang selama sebulan lebih telah melaksanakan berbagai program kerja demi mengembangkan Desa Sukamenak ini”.

Dengan adanya kegiatan ini, Mahasiswa KKN UPI berharap warga dapat mempererat tali kebersamaan, meningkatkan kesehatan diri dan berolahraga serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dengan melakukan penghijauan.

Mahasiswa KKN UPI

Sektor 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *