Pengentasan stunting, mahasiswa KKN UPI sosialisasikan aplikasi giziku

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Kab.Bandung – Pada Jum’at (17/01/2020) telah dilakukan Rapat Koordinasi PKK Desa Margahayu Selatan, Kabupaten Bandung, yang di selenggarakan di aula Kantor Desa Margahayu Selatan. Acara ini dihadiri oleh 84 orang ibu ibu PKK dan Posyandu Desa Margahayu Selatan. Di dalam Rakor ini selain dilakukan pelantikan pengurus baru PKK Desa Margahayu Selatan, acara ini juga turut dihadiri oleh kepala PUSKESMAS setempat, Dr Bea, ketua tim penggerak PKK Kecamatan, ibu D Aidah Ischaq, UPT KB, Hj Hadi Purwanto. Acara ini dibuka oleh ibu Hj Evi Fitria selaku Ketua PKK dan ibu kepala desa. Beliau menekankan pentingnya peran kader-kader posyandu sebagai agen pengentas stunting.

“Stunting adalah kondisi tubuh seorang anak yang lebih pendek dibandingkan dengan anak di umur seusianya. Permasalahan ini menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia termasuk di Kabupaten Bandung. Sehingga pemeritah berusaha untuk mempercepat pengentasan stunting. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Margahayu Selatan. Tugas kader kegiatan posyandu adalah, menerima pendaftaran, menimbang, mencatat, meberikan penyuluhan dan pelayanan, serta memberikan pelayanan imunisasi dan KB.” Ujar Ketua PKK Desa Margahayu Selatan, Ibu Hj. Evi Fitriani.

Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu dari tugas pokok posyandu yaitu mengenai masalah gizi yang ada di masyarakat Desa Margahayu Selatan. Bukan hanya posyandu saja, tetapi dari pihak PUSKESMAS dan KB juga ikut membantu menangani masalah gizi dengan cara mendampingi ibu-ibu kader posyandu untuk memberi penyuluhan kepada masyarakat.

Sehubungan dengan permasalahan gizi yang ada di masyarakat terutama di Desa Margahayu Selatan Mahasiswa KKN UPI turut menyosialisasikan Aplikasi GiziKu yang dibuat oleh tim LPPM UPI. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam menghitung angka kecukupan gizi, jumlah nutrisi asupan, dan menghitung antropometri. Di dalam aplikasi terdapat beberapa menu di dalamnya, yaitu : kalkurator gizi, kalkulator asupan nutrisi, survey pemberian makan pada keluarga, informasi gizi, dan tabel komposisi pangan indonesia (TKPI).
Aplikasi ini dapat di download dengan gratis di play store dengan mengetikan kata kunci “GiziKu KKN UPI” dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan masalah mengenai stunting dan gizi di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *