Mahasiswa KKN UPI Sektor 7 Percantik Kampung Jambatan dengan Mural dan Vertical Garden

Bagikan berita:

Media Jabar.Net Kabupaten Bandung -Memanfaatkan tembok kumuh di sekitaran Kampung Jambatan, Kelurahan Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sektor 7 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2019 membuat mural dan vertical garden.

Kegiatan ini, merupakan bagian dari program kerja Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sektor 7 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2019, yang bertujuan untuk mepercantik lingkungan serta mengajak masyarakat di sekitaran Kampung Jambatan untuk mengelola dan memanfaatkan sampah.
Proses pembuatan mural memakan waktu selama 3 hari yang dimulai pada hari kamis (23/01/2020). Mural yang dibuat didesain dengan ilustrasi dan kata-kata ajakan kepada masyarakat sekitar Kampung Jambatan untuk memilah dan mengelola sampah agar lingkungan terjaga dan terhindar dari bencana.

Hasil karya mural (Foto tim KKN UPI Sektor 7 Sulaiman)
Ketua kelompok KKN UPI Sektor 7 Kelurahan Sulaiman 2019, Teja Gustiawan, mengungkapkan bahwa mural di kelurahan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta membuat tembok di area tersebut terlihat lebih indah dan tidak kumuh.
“Sesuai dengan tagline kelola sampah lingkungan indah, mural tersebut menggambarkan kondisi lingkungan sungai Citarum yang bersih dimana masyarakat mengelola sampah dengan baik. Mural tersebut juga menggunakan warna yang cerah dan desain yang unik, sehingga tembok pada area tersebut tidak terlihat kumuh lagi” ujar Teja Gustiawan.
Selain mural, Mahasiswa KKN UPI Sektor 7 Kelurahan Sulaiman 2019 juga membuat Vertical Garden mural di lokasi berbeda yang diharapkan dapat membuat lingkungan lebih indah serta bermafaat bagi masyarakat setempat.

Vertical Garden di RW 07 Kampung Jambatan (Foto tim KKN UPI Sektor 7 Sulaiman)
Pembuatan Vertical Garden sendiri memanfaatkan botol plastik air mineral bekas yang digunakan sebagai pot tanaman yang disusun secara vertical pada tembok warga setempat. Tanaman yang digunakan beragam, mulai dari tanaman hias sampai tanaman berbuah seperti cabai ataupun tanaman berbuah kecil lainnya.
Pembuatan Vertical Garden ini diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik. Selain itu vertical garden sendiri menghemat penggunaan lahan, karena tanaman disimpan pada bidang yang tegak seperti tembok. Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga dapat menghasilkan sumber pangan yang dapat dimanfaatkan warga setempat.
Baik pembuatan mural maupun Vertical Garden, tentunya telah mendapat izin dari Ketua RW dan warga setempat maupun. Kegiatan tersebut disambut dengan baik dan positif oleh warga setempat karena membawa dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

Mahasiswa KKN UPI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *