Mahasiswa KKN UPI Di Sektor 8 Asah Kreativitas Siswa SDN 01 Cijagra

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Kab.Bandung – Permasalahan sampah terutama sampah plastik merupakan salah satu masalah besar yang membutuhkan penanganan yang baik. Salah satu penanganan yang dapat diaplikasikan yaitu dengan cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Salah satu pengaplikasian 3R yaitu dengan melakukan kerajinan dari sampah plastik seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN sektor 8 Desa Cilampeni di SDN 01 Cijagra. Kegiatan yang dilakukan yaitu membuat hiasan jendela dengan melibatkan siswa SDN 01 Cijagra dalam proses kegiatannya. Mulai dari pengguntingan sampah botol air mineral plastik sampai proses pengecatan.

Kegiatan pembuatan kerajinan memberikan manfaat bagi perkembangan siswa yaitu dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, melatih kemampuan motorik, mengajarkan kesabaran dan ketelitian, mengendalikan emosi, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Selain memberikan manfaat seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan yang ditanamkan sejak dini kepada siswa-siswi SDN 01 Cijagra dan juga memberikan pengetahuan mengenai cinta lingkungan dan pengaplikasian 3R yang secara langsung dapat mereka aplikasikan di rumah bersama orang tua.

Mahasiswa KKN UPI

Fauzi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *