KINI WARGA KELURAHAN ANCOL RW 04 BISA BELI OPOR AYAM DI HARI RAYA PAKAI SAMPAH

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung – Sampah merupakan salah satu masalah yang nyata dihadapi oleh warga Negara Indonesia. Tidak dapat dipungkiri kita dapat menemukan sampah dimana pun kita berada.

Banyaknya sampah yang ada disekitar kita menjadi salah satu alasan mahasiswa KKN UPI untuk ikut membantu menghimbau kepada warga di Kelurahan Ancol Kecamatan Regol Kota Bandung agar membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan sekitar.

Menurut Maryana selaku ketua kelompok KKN UPI Kelurahan Ancol “saya sebagai pemuda generasi muda penerus bangsa turut andil dalam menjaga lingkungan sekitar Kelurahan Ancol. Ketika warga RW 04 mengetahui adanya mahasiswa KKN UPI di Kelurahan Ancol mereka sangat senang dan menerima kami dengan sepenuh hati dan warga juga ikut berperan dalam mensukseskan program-program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPI.

Saya bersama rekan-rekan ingin memberikan perubahan kebiasaan warga untuk lebih mencintai lingkungan sekitar dengan mensosialisasikan bahaya buang sampah sembarangan apalagi ke sungai dan ikut serta untuk menjaga kebersihan bantaran anak sungai Cikapundung.”

Kang Badrun Ketua Karang Taruna RW 04 Kelurahan Ancol menjelaskan bahwa “Bank Sampah Berseri di RW 04 bermula dari inisiatif warga dikarenakan lokasi RW 04 Kelurahan Ancol dekat dengan TPS, yang menjadi focus utama warga pengelolaan sampah agar tidak terlalu menumpuk di TPS.

Dengan adanya Bank Sampah ini warga dapat memilah sampah-sampah rumah tangga, hal ini juga dapat mendukung program pemerintah yaitu KANG PISMAN (Kurangi Sampah Makanan Pilah Sampah Manfaatkan Sampah Menjadi Nilai Jual).”

Bank Sampah Berseri di RW 04 Kelurahan Ancol mulai diresmikan pada 09 Agustus 2019. Walaupun masih tergolong baru, Bank Sampah Berseri merupakan salah satu Bank Sampah yang aktif dan berjalan dengan baik di Kelurahan Ancol. Dengan berjalannya Bank Sampah di RW 04 ini, lingkungan sekitar menjadi bersih.

Menabung sampah tentunya memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah salah satu upaya agar warga menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan untuk mendapatkan sedikit penghasilan, dimana hasil tabungan dari sampah yang selama ini ditabungkan di Bank Sampah akan dibagikan ketika menjelang hari raya Idul Fitri.

Warga RW 04 Kelurahan Ancol berharap adanya perhatian dan kolaborasi yang cukup mendalam antara Bank Sampah Berseri dengan pemerintah untuk menunjukkan bahwa Bank Sampah dapat menjadi tempat dimana permasalahan lingkungan dapat terselesaikan. Sehingga pemerintah dan warga dapat saling membantu dan sama-sama mengambil peran di lapangan.

Mahasiswa KKN UPI

Sektor 22

One thought on “KINI WARGA KELURAHAN ANCOL RW 04 BISA BELI OPOR AYAM DI HARI RAYA PAKAI SAMPAH

  • 29/01/2020 at 11:33
    Permalink

    Bakal kangen sama bank sampah ini dan Bu tetet yang rajin nabung sampah, huhu

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *