Dansektor 22 ” Sampah Tumpah Ruah Kecuali Masyarakat Sadar

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung- Kolaborasi antara Satgas Sub 1 dan Sub 13 Sektor 22 Citarum Harum membersihkan Sungai Citepus Kel. Kebonlega Kec. Bojongloa Kidul, Kota Badung, menggunakan perahu karet supaya mencapai hasil yang maksimal. Kamis (19/09/2019).

Operasi Gabungan dua sub dari Sektor 22 ini terbentuk karena melihat kondisi Sungai Citepus sangat kotor oleh sampah domestik sehingga membuat Komadan Sektor 22 (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik) turun  langsung ke Pemerintah Kewilayahan di dampingi pula dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung.

Hadir pada kesempatan ini, Pasukan Sektor 22 (Sub 1 & Sub 13), Baraya 22, Tim gober ,Sekcam Bojongloakidul (Prajasa P. Berutu), Lurah Kebonlega (M. Irfan Ishak, S.Ag.) hingga 70 orang yang hadir.

Dansektor 22, menyampaikan, ” sampah akan terus tumpah ruah di sungai, sungai di jadikan bak sampah terpanjang, sampah tidak akan ada habisnya , Kecuali di lawan dengan kesadaran masyarakat nya, ” Ucapnya.

ti lawan Upaya  keras dalam penertiban sampah sungai dan lingkungan oleh sektor 22 sangat diutamakan, dengan payung hukum selain perpres juga Pergub 28 Th. 2019 tentang Program Citarum Harum” tegasnya

” bahkan sampah bisa jadi barokah, kalau di olah yang organik nya bisa di bikin pupuk, yang non organik nya seperti, Plastik, kertas,kaleng,dll bisa di jual, Pungkas ,” Dansektor.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakatnya, dan di bantu satgas citarum yang selalu bekerjasama melalui koordinasi serta turun ke lapangan langsung sebagai bukti kepedulian pemerintah.

Banyaknya sampah selama ini tumpah ruah ke  sungai merupakan potret tipikal masyarakat yang harus diberi edukasi kuat oleh pemerintah, walaupun sudah ada solusi dengan adanya program Kang Pisman namun perlu penekanan demi kemajuan yang berkelanjutan.

Perpres No.15-2018 akan sukses apabila ada kerjasama yang baik dengan semua unsur, sehingga program citarum harum akan cepat terwujud sesuai dengan target

Rajasa P. Berutu, menyampaikan kepada awak media tim 8, “Kami selalu mengapresiasi semua giat Sektor 22 Citarum Harum, dalam pembenahan lingkungan dan kebersihan sungai, bahkan pasukan TNI ini merupakan motor bagi kami, dan kami merasa terbantu” terang sekcam Bojongloakidul.

Lurah Kelurahan Kebonlega, M. Irfan Ishak, S.Ag. pada kesempatan itu menyampaikan, “Kami dari kewilayahan merasa terbantu, karena pembersihan lingkungan dan sungai yang di garap oleh Pasukan Citarum Harum merupakan edukasi kepada masyarakat, demi meningkatkan Open Defecicatin Free di wilayah kami” katanya.

Sementara seorang warga setempat Ibu Mamah mengatakan ,” Baru kali ini saya melihat ada perahu karet ke sungai citeupus, saya sangat gembira melihat bapak Tentara yang bersihkan sampah ,kalau terus begini kaya nya sungai citeupus akan bersih seperti zaman dulu waktu kecil,, ” Ungkapnya.

(Asep.M/Jpch).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *