Dansektor 22 Multihelix Jurus Jitu Selamatkan Lahan Kritis KBU

Bagikan berita:
Media Jabar .Net.Kab.Bandung – Penanganan lahan kritis sudah tidak bisa di tawar lagi , banjir ,longsor yang saat ini sedang terjadi di wilayah hilir akibat rusak nya hutan, sebuah media harian yang mengkritisi  pemerintah dengan memuat judul  “pemerintah  tak perhatikan lahan kritis KBU ” .menjadi sebuah tantangan kadishut prov.Jabar mengajak seluruh kalangan untuk sama – sama menghijaukan kembali hutan.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Prov. Jabar (Epi Kustiawan ) tidak pernah bosan dengan mengajak dan terus melakukan penanaman pohon .tanam.tanam dan tanam.itu kira – kira yang ada di benak Epi.

Kadishut Prov  Jabar dengan nenggandeng pengusaha Sarbi,Dansektor 22, Bupati Bandung, dan puluhan komunitas yang peduli terhadap lingkungan Senin (27/1/2020) melakukan penanaman pohon di kawasan Bandung utara ( KBU) tepat nya di Cilengkrang Kabupaten Bandung sebanyak 8500 pohon.

Epi mengatakan ,” penanaman pohon akan terus di lakukan kita akan mengajak siapapun yang punya kepedulian terhadap lingkungan, sudah tidak bisa di tawar lagi selamatkan hutan agar rakyat sejahtera ,” Tegas Epi.

” Supaya masyarakat mau merawat pohon yang kita tanam  dengan sistim Agro porestry (tumpangsari) antara pohon keras di selingi buah- buahan dan sayuran , di harapkan kedepan hutan  selain hijau  juga menjadi  kawasan  sentra wisata  berbagai hasil buah – buahan seperti Jeruk Lemon California ,” Pungkasnya.

Sementara itu Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Asep Rahman Taufik mengatakan ,” Kadishut Jabar selalu mengajak berkolaborasi dalam menanam pohon di KBU dengan tujuan menata Destinasi Wisata KBU tematik Buah Ungulan.

“Kami sangat apresiasi sekali yang dilakukan oleh Dishut Jabar dalam reboisasi KBU jadi Sarana Wisata Buah Unggulan, walaupun diiringi hujan kami senang datang dengan menyumbangkan pohon keras sebagai pelindung Jeruk Lemon Califonia, yaitu pohon suren 200 btg dan Ecaliptus 150 batang” ucap Dansektor 22.

Dansektor 22 pun berharap dengan masifnya kolaborasi ini bisa cepat mencapai tujuan Citarum Segera Harum, dengan pendukungan para pihak yang terprogram dengan Pentahelix bahkan Multihelix, sebagai jurus  jitu untuk nengijaukan kembali lahan kritis di KBU ,” Ujar Asep.

Diakhir kegiatan, Bupati Bandung (Dadang M. Naser) mengatakan, “Saya sangat berterimakasih kepada Kadis Kehutanan, Dansektor 22 Citarum Harum, Donatur tanaman jeruk lemon california (H. Ateng Bogor) dengan berkolaborasi terus masif menghijaukan KBU, semoga dengan pola tanam yang baik oleh para petani dengan memadukan tanam Kopi dan Kaliandra sebagai sabuk gunung sehingga bisa menghasikan madu dan makanan ternak, sangat bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat ,” katanya.

Sementara seorang pengusaha yang jauh – jauh datang dari Bogor H.Ateng  Sarbi Grup, sebagai penyumbang tanan jeruk lemon california, mengatakan, “kami mengajak kepada para pengusaha lainnya, apabila mau menyumbang maka inilah saatnya, jangan sampai menunggu bencana datang, dan kami pun masih sanggup untuk menyumbangkan tanaman bila masih ada lahan kritis dan masyarakat mau menerimanya, silahkan rawat dan hasilnya buat masyarakat itu sendiri” tutupnya

(Asep/ Jpch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *