Pemdes Kejuden Diduga Tekan Warga Penerima BLT DD Untuk Berbohong di Depan Inspektorat

Bagikan berita:

Media-jabar.net | Cirebon — Diatas kertas, pembagian BLT Dana Desa (DD) terlihat terstruktur dan minim celah. Akan tetapi, kenyataan berkata sebaliknya.
Seperti yang terjadi di Pemerintah Desa (Pemdes) Kejuden, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, saat adanya pemeriksaan inspektorat, pada Rabu (23/06/21).

Sejumlah warga Desa Kejuden penerima BLT DD pun ditekan untuk mengakui dan menerima sesuai aturan Rp: 600,000,- oleh oknum perangkat Desa
Warga penerima mengaku dirinya di datangi oleh oknum perangkat untuk pengakuan bohong mendapatkan bantuan sebesar Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) dan tidak ada potongan sama sekali..”nanti dihadapan inspektorat besok”.

Lanjut warga, “saya saat ditanya dan disuruh mengisi lembar jawaban, pengisian jawaban pun diisi oleh Kadus (Kepala Dusun) yang mendamingi, ujar warga penerima yang tidak mau disenyebut namanya.

Sementara Ruslani Ketua RW di Desa Kejuden membenarkan adanya penekanan terhadap warga penerima BLT DD tersebut,
“Saya menghimbau kepada semua warga peneri BLT DD, agar jujur, dan mengatakan sesuai kenyataan (fakta) saja,” ucapnya.

Ditempat berbeda, Julikin selaku Ketua BPD di Desa Kejuden pun kukuh dengan regulasi aturan yang ada.


Lanjut Julikin, desakan warga yang menginginkan dan menghendaki untuk di bagi rata bagi warga yang belum mendapat bansos, kami bersama anggota BPD dan pemdes pun duduk bersama, membahas penyaluran BLT DD tersebut, (musdessus) dalam rinciannya anggaran BLT DD Rp 109,80,000 (seratus sembilan juta delapan ratus ribu) dan 183 penerima, (600/ KPM)
Hasil dari Musdessus pun dibagi rata. masing masing mendapatkan Rp 119,000 (Seratus sembilan belas ribu rupiah)/ KK.


Namun faktanya sangat berbeda, Kuwu Desa Kejuden pun berubah arah, saat akan pembagian, yang punya nama Rp. 150.000,- (sera lima puluh ribu rupiah) jika yang tidak punya nama Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) dan tidak diketahui BPD. Nurkaedi (Kuwu) sudah melanggar kesepakatan saat musdessus tersebut,” tutupnya.
(joei)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *