Dansektor 22 ” Program Citarum Sangat Beririsan Dengan Pemkot Bandung

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.BANDUNG,- Dansektor 22 Satgas Citarun Harum Kol. Inf. Asep Rahman Taupik didampingi Dansub 5 Peltu Seno hadiri kegiatan Mapay lembur walikota Bandung Oded.M Danial ke wilayah Kelurahan Maleer Kec, Batununggal, Kota, Bandung. Jum’at (12/3/2020).

Adapun dalam kunjungannya, Walikota Bandung Oded. M. Danial meninjau pengolahan sampah dengan menggunakan media bakteri. Selain itu, oded juga meninjau Tempat Pengelolaan Sampah Reuse – Reduce – Recycle (TPS3R) di Rw.12 dan Ipal Komunal Rw. 11.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial sangat mengapresiasinya kepada warga masyarakat karena sudah mandiri untuk mengelola sampah demi lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Mang Oded senang. Semakin ke sini, warga semakin mandiri bisa mengelola sampah mulai dari sumbernya yaitu rumah mereka masing- masing”. Ujar wali kota yang akrab disapa Mang Oded ini.

” Hari ini meninjau bahwa pengelolaan sampah disini cukup bagus dengan konsep pakai media bakteri, Loseda dan Losema. Mereka sudah melakukan pengelolaan sampah yang baik, sampahnya sudah diselesaikan mudai dari sumbernya”. Imbuhnya.

Ia pun menyarankan kepada kewilayahan yang akan melakukan studi banding, bisa mengunjungi ke wilayah Maleer. “Mudah-mudahan RW lain di Kota Bandnug bisa mengadakan studi banding di sini,” katanya.

Wali kota pun berpesan agar setiap kewilayahan bisa menerapkan metode yang bisa mengelola sampah secara mandiri. “Kewilayahan bisa merapkan berbagai metode. Dorongan Pemkot Bandung yakni melakukan sosialisasi dan edukasi kepada lurah dan camat. Kalau mau selesai (persampahan) di Kota Bandung itu biasanya sejalan dengan formal leader dan informal leader seperti RT, RW dan tokoh masyarakat, itu harus solid maka hasilnya akan bagus,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Asep Rahman Taupik mengatakan, ” Kunjungan walikota Bandung melihat langsung pengolahan sampah ramah lingkungan ( TPS3R) serta ipal komunal yang merupakan program citarum harum, ” Ujar Asep. pada  awak media.

” Lebih lanjut Dansektor 22 menambahkan bahwa program pemerintah kota Bandung dan Citarum harum sangalah beririsan , kita sangat mendukung Kangpisman serta percepatan ODF dengan membuat Ipal – ipal komunal ,untuk mengurangi pencemaran dari limbah domestik sehingga biota sungaiair bisa hidup lagi di sungai yang ada di kota Bandung ,” Pungkas Dansektor .

Asep/ Jpch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *