Sub 17 Sektor 22 Rawat dan Tanam Pohon Di Wilayah Cimeunyan

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Cimenyan – Penanganan lahan kritis di wilayah Bandung utara bukan lah hal yang mudah , butuh perhatian bersama dalam penanganan nya. butuh keseriusan kalau melihat kondisi saat ini, sangat beruntung masih ada yang memperjuangangkan kerusakan kawasasan tersebut oleh  satgas citarum harum .

Seperti saat ini sub 17 sektor 22 tetap menjaga dan merawat pohon – pohon yang pernah di tanam nya , meski keterbatasan anggotanya untuk mengawasi lahan kawasan di KBU ini. Namun tetap semangat jum’at (13/3/2020) melakukan penanaman pohon sebanyak 150 pohon.

Dansub 17 Sektor 22 yang dipimpin oleh, Sertu Suyatno, mengajak penggarap pertanian di Kp. Citapen RW. 10 Desa Cimenyan untuk menanam tanaman pohon keras dan buah-buahan sebagai penyeimbang lahan, para penggarap pun mau menerima penanaman pohon tersebut setelah melalui Komuniksasi sosial di lakukan Sektor 22,

Kritisnya KBU karena berubah fungsi lahan dari kawasan hutan menjadi kawasan pertanian, merupakan lahan milik pribadi masayarakat, kini Satgas Sektor 22 Citarum Harum dipimpin yang oleh, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik berupaya untuk mengembalikan kondisi tersebut dengan melakukan komunikasi sosial antar pemilik lahan berikut penggarapnya supaya menerima tanaman keras atau buah-buahan ditanam diantara perkebunan sayuran yang mereka garap.

Sertu Suyanto (Dansub 17 sektor 22) menyampaikan kepada awak media, semua ini hasil upaya komandan sektor 22 (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik) yang sering melakukan komunikasi sosial dengan pemilik lahan dan penggarap, bahwa penanaman tanaman pelindung (pohon keras) tidak akan berakibat buruk pada tanaman sayuran.

Penanaman pohon saat ini diatas lahan milik Ibu Yoga seluas 250 tumbak, yang digarap oleh Bp. Iwan dari luas lahan 250 Tumbak yang ditanam diantara sayuran” jelas Suyanto.

Sertu Suyanto pun menambahkan, bahwa hari ini ia menanam pohon keras dan buah-buahan sebanyak 150 pohon, diantaranya Alpukat 5 phn, Nangka 5 phn, Sengon 30 phn, Cadar handuras 30, Ketapang jaha 30 phn, Gamelina (jati putih) 50 pohon.

“Satgas Sub 17 Sektor 22 bersama beberapa petani yaitu Bpk Dada, Bpk Unung, Bpk Iwan dan Ibu Nuraini, melakukan penanaman dari jam 07.30 sampai jam 11.00” tutup Suyanto.

Asep/ Jpch.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *