Hasil Audit Teknologi Insiden Padamnya Aliran Listrik PLN Oleh BPPT Dipicu Oleh Flash Over

Bagikan berita:

Media-jabar.net | JAkARTA —  Insiden padamnya aliran listrik PLN di hampir setengah Pulau Jawa yang terjadi pada hari Minggu (4/8) yang lalu, akhirnya diketahui pemicu utamanya berdasarkan hasil audit. Berdasar hasil audit teknologi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) insiden itu dipicu oleh flash over.

“Terjadi flash over ke tanah, karena tegakkan pada span Tower 434-435 Sirkit 1. Akibatnya, aliran listrik PLN tidak mampu memastikan keamanan Right of Way (ROW) pada jalur transmisi,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza, Kamis (19/9), saat acara ASEAN CISO Forum 2019′, di  Auditorium Gedung BPPT, Jakarta.

Hasil audit BPPT juga menunjukkan terjadinya operasi yang tidak normal pada sistem proteksi Sirkit 2 Pemalang-Ungaran. Terjadi operasi abnormal dari system proteksi Sirkit 2 Pemalang-Ungaran. Sistem proteksi transmisi tidak dilakukan RAMS Simulation.

“Lebih lanjut, kata Hammam mengungapkan pernah menyampaikan bahwa hal yang menjadi poin penting dalam audit ini adalah bagaimana obyek vital nasional atau critical infrastructure dibekali kontingensi plan yang sustainable dan simultan. Hasil audit BPPT ini, di dalam kejadian blackout, BPPT diberi mandat untuk melakukan audit ketenagalistrikan kepada PT PLN dengan tujuan, untuk memberikan improvement terhadap keadaan eksisting,” ujarnya. (dade)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *