Media jabar net. –  untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang mantap di provinsi jawa barat di butuhkan perencanaan yang baik hal ini  yang menjadi tugas dan tangung jawab ppk perencanan Satker P2JN JABAR dalam perencanaan jalan nasional provinsi jawa barat. hal itu di katakan Yusuf Adinegoro ST, MSc,PH.D ppk perencanaan P2JN JABAR yang di temui  media jabar net di kantornya beberapa waktu lalu .

Yusuf megatakan,”  dalam hal mendukung tercapainya kemantapan jalan nasional yang di laksanakan oleh kementerian pekerjan umum dan perumahan rakyat ppk perencanan Satker P2JN JABAR dalam perencanan jalan nasional provinsi jabar meliputi ruas -ruas jalan yang terdapat pada 5 satuan kerja pelaksana jalan nasional dan 1 SKPD dengan panjang long segment sepanjang 1.794.02 km desain penanganan long segment tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kemantapan jalan dan tingkat aksesibilitas jalan nasional dengan target kemantapan jalan 100 persen..

Lanjut Yusup dalam mendukung hal ini ada beberapa upaya yang di lakukan ppk perencanaan P2JN JABAR antara lain melakukan perencanan desain jalan,jembatan gantung fly over dan underpass untuk meningkatkan konektivitas dan memperkuat daya saing infrastruktur, mempercepat pembangunan transportasi untuk mendukung peguatan industri nasional,mendukung konektivitas nasional serta membangun system dan jaringan transportasi yang terintegerasi dan meyiapkan data dan informasi sebagai bahan penyusunan program jaringan jalan dengan menganalisa harga satuan pekerjan jalan dan jembatan dan melakukan inovasi seperti percoban pemakaian aspal plastik pada rencana desain penaganan.

Masi ujar yusup tugas selanjutnya adalah mendukung peningkatan kinerja jalan nasional dengan meguraikan kemacetan di perkotan.dengan kemantapan jalan arus transportasi logistik barang dan jasa antar wilayah semakin efisen disisi lain dengan adanya pembangunan jalan di sejumlah wilayah di jawa barat telah memiliki akses transpotasi yang dapat mempercepat arus dan menurunkan biaya logistik.

Selain itu ppk perencanaan Satker P2JN JABAR juga mendukung peningkatan jalan akses di luar jalan nasional seperti jembatan Gantung dan Undepass salah satu contonya adalah jembatan Gantung sukaresik. Dan Underpass Bulak Kapal ,” Ujar  Yusuf .

Dalam proses perencanan pembangunan jalan dan jembatan ppk perencanaan Satker P2JN JABAR melibatkan banyak penyedia jasa profesional melalu jasa konsultana dalan tugas dan fungsinya ppk perencanaan selain meningkatkan kemantapan jalan yang disertai dengan peningkatan kebutuhan masyarakat tinggi dalam hal ini kemeterian pekerjan umum dan perumahan rakyat,

Direktorat Jendral Bina Marga ,Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Provinsi DKI.Jakarta dan Jabar ,ppk perencanaan berkewajiban menjaga kualitas kemantapan jalan demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat penguna jalan nasional serta diharapkan dapat megurangi resiko kecelakan dan sejumlah pusat kegiatan wilayah juga terkoneksi jalan nasional demikian juga dengan adanya jembatan sebagai jalan penghubung desa. (Yud)

Check Also

Jajaran Pengurus serta Anggota DPD FPRN Provinsi Jabar Minta Aparat Keposisian Segera Tangkap dan Tindak Pelaku Penembakan Wartawan

Asep Mulyana Sekertaris FPRN Media Jabar.Net. BANDUNG – Pimred Media Online LasserNews, Ma…