Subsektor 09 – 22 Sigap Menanggulangi Tanggul Jebol Kali Cicadas

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung – Hujan yang mengguyur kota bandung dengan intensitas tinggi membuat sejumlah daerah di kota Bandung terendam banjir, hujan saat ini cukup membuat.banjir di sejumlah tempat bagian timur dan selatan, hingga sabtu (15/2) malam.

Hujan bukan hanya membuat banjir bahkan membuat tanggul ambrol kejadian ini terjadi Hari Minggu ( 16/2) Kirmir ambruk di sungai Cicadas yang berada di Rt.06 Rw.08 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu Kota Bandung Minggu ( 16/2/2020).

Dansub 09 Sektor 22 Satgas Citarum harum Pelda Ikhwan, membenarkan adanya kirmir kali yang jebol tersebut. Kirmir yang jebol tersebut merupakan kirmir dari kali Cicadas. Jebolnya kirmir akibat dari derasnya debit air sungai lantaran sejak sore Kota Bandung diguyur hujan deras.

“Jebolnya kirmir terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Karena derasnya air sungai, sehingga tidak bisa tertahan oleh kirmir,” ujarnya kepada Tim 8 saat ditemui dilokasi longsor,

Menurut Ikhwan, longsor kirmir tersebut mencapai sepanjang 25 meter dengan tinggi kurang lebih 2,5 meter. Namun demikian, Ikhwan memastikan jika longsoran tersebut tidak menempel ke rumah warga.

“Jadi di antara rumah warga tersebut ada jalan kiri kanan, di tengah-tengahnya terdapat saluran Kali Cicadas”. kata Ikhwan

Atas kejadian itu, Ikhwan mengaku pihaknya langsung melakukan penanggulangan di lokasi. Salah satunya yakni dengan menerjunkan Baraya Sektor 22 Citarum harum, Tim Gober Kewilayahan, dengan dibantu DPU Kota bandung dan warga sekitar.

“Kami dengan Baraya Sektor 22, tim Gober, lurah, Ketua RT dan RW dengan warga setempat langsung membenahi dan menangani, mulai dari mengangkat batu – batu bekas kirmir yang jebol yang menghambat aliran sungai,” katanya.

Saat ini, Ikhwan mengatakan, personel dari berbagai unsur sedang memperbaiki kirmir yang berada di lokasi tanggul jebol itu.

Di lokasi, sejumlah pekerja masih terlihat bolak-balik mengangkat batu besar berukuran sekitar 2-3 kepala orang dewasa.

Asep/Jpcj.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *