Media Jabar.Net.Kota Bandung, – Septic tank menjadi solusi untuk menurunkan angka Open Defecation Free (ODF) atau buang air besar sembarangan di Kota Bandung. Kendalanya, tidak semua wilayah memiliki lahan yang memadai untuk membangun fasilitas tersebut.

Namun, berbeda dengan warga Rt. 2 Rw. 5 Kelurahan Cijawura Kec. Buah Batu Kota Bandung, Hari ini dibantu satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 9 mampu membangun septic tank di lahan yang sangat sempit, yaitu di gang kecil tempat lalu lintas warga.

Warga membangun septic tank tersebut dilakukan secara mandiri dalam rangka mendukung Program Citarum Harum dan Menuju Bandung ODF 100%.

“Ini adalah inovasi karena akhirnya bisa menjadi solusi septic tank di wilayah sempit. Mungkin bisa direplikasi juga di wilayah lain”. Kata Dansub 9 Peltu Ihwan Kepada Wartawan. Minggu (13/6/2021).

Ihwan mengatakan, kegiatan tersebut, sejalan dengan program citarum harum dan sanitasi total berbasis masyarakat berupa 5 Pilar.

“Lima pilar itu, stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cari rumah tangga”. katanya.

Ihwan berharap, Target 5 pilar tersebut salah satunya ODF artinya seluruh KK diwilayah tersebut berprilaku stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Prilakunya dengan mengakses Jamban sehat, dimana pembuangan akhirnya tidak di buang langsung ke selokan atau sungai”. Pungkasnya. ( Asep/Jpch).

Check Also

Khaidir Ketua MPAI Kalsel Sosialisasi Kebakaran Hutan Punya Nilai Manpaat Di Masyarakat

Media Jabar.Net.Kalsel – Rabu ( 23 /6/2021) Bertempat di Desa Pantai Linuh Kecamatan…