Media Jabar.Net.Bandung – Akibat hujan deras, banjir kembali terjadi di wilayah Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 10 siaga membantu warga yang kena dampak, Minggu (28/03/2021).

Bagikan berita:

Serka Rudi Irawan (Dansub 10/22) membawa pasukannya untuk membuat tanggul dan membersihkan rumah penduduk yang terkena dampak banjir yaitu di wilayah Rw 01, 02, 10 dan 11 Kelurahan Pasir Impun.

Dikatakannya, banjir yang menimpa warga Pasir Impun akibat jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung oleh tekanan debit air hujan yang tinggi dan meluap ke hunian penduduk. 

“Kami bersama baraya sektor 22 giat karya bakti pembersihan perumahan warga dan pembuatan tanggul sungai cisanggarung di Rw 01, 02, 10 dan 11 kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati,” kata Rudi.

Satgas citarum harum sektor 22 Sub 10 Bantu korban banjir bersihkan lumpur.

Manunggalnya TNI untuk rakyat, jelas terlihat, mereka satgas Citarum Harum siap siaga untuk berjibaku bersama rakyat selama 24 jam membuka pintu bantuannya, yaitu untuk memabangun kekuatan peradaban rakyatnya dengan mengorbankan tenaga, waktu maupun keahliannya. 

Membangun kembali tanggul yang jebol, adalah salahsatu upaya untuk menghindari luapan air hujan susulan jika terulang datangnya hujan deras, agar air hujan tidak membanjiri hunian penduduk. 

“Setelah membangung kembali tanggul yang roboh, pasukan kami bawa untuk membersihkan rumah warga yang penuh lumpur akibar banjir tadi malam, kami sarankan kepada para ketua Rt dan Rw setempat supaya ada ronda malam, wanti wanti jika hujan deras kembali tiba,” imbuh Rudi. 

Pasukan TNI sudah terprogram dalam manunggal bersama rakyat, seperti TMMD yang dahulu disebut Abri Masuk Desa untuk membangun infra struktur daerah tertinggal. 

Sama halnya dengan pasukan Satgas Sektor 22 sub 10 yang diemban oleh Serka Rudi Irawan sebagai Komandan Subsektor, Ia bersama anggotanya stanbye melakukan pemantauan sejak terjadi banjir tadi malam di tempat kejadian perkara. 

“Pemantauan banjir di wilayah ini kami lakukan sejak awal malam, bersama para pengurus Rt dan Rw atau yang mewakilinya kami terus adakan siaga satu, supaya tidak ada korban yang berlebihan bagi warga,” ujar Rudi. 

Untuk mencegah dan menguatkan pantauan di wilayahnya, Rudi Irawan hari ini membagi 2 (dua) Tim, yaitu tim 1 adakan giat Patroli Sungai sedangkan tim 2 melaksanakan komunikasi sosial secara door to door mensosialisasikan program citarum harum.

Rudi pun tidak lepas tugas pokoknya sebagai satgas citarum harum, yaitu melaksanakan pengecekan tempat pembuangan limbah pabrik-pabrik yang berada diwilayah Sub 10 Sektor 22.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *