Media Jabar.Net.Bandung – Banyak pejabat politik dan pejabat yang berasal dari PNS yang tersandung hukum, seperti mark up anggaran belanja, jual – beli jabatan, proyek pembangunan, perijinan, dan urusan pemerintahan lainnya hingga masuk hotel prodeo karena berbagai kasus hukum. Bagi masyarakat umum, pejabat – pejabat yang tersandung hukum menimbulkan pertanyaan, caci maki, tidak menduga, bahkan ada pula yang menyayangkan terjadinya hal tersebut.
Secara kasat mata, kehidupan dan penghidupan pejabat lebih baik dibandingkan masyarakat umum, dan mungkin sangat jauh di atasnya. Apa latar belakang mereka, baik secara sadar maupun tidak sadar melakukan tindakan korupsi?

Menurut Jachja Taruna Djaja, Ketua Umum Indonesia Corruption Monitoring (ICM), “Pejabat Publik atau Pejabat Eselon yang melakukan tindakan korupsi, kita perhatikan saja sifat dan sikap pimpinannya dalam mengelola pemerintahannya. Bilamana pejabat tsb mendapatkan jabatannya melalui jalan pintas alias penyuapan, karena atasannya yang lebih tinggi, secara terbuka dan atau melalui kaki tangannya mengomersilkan jabatan dengan nominal tertentu, dapat dipastikan, begitu jabatan tsb diraihnya, uang yang dikeluarkannya harus didapat kembali dengan tindakan koruptif selama menjabat dan tidak tersandung masalah hukum.
Kondisi simbios mutualisme ini menjadikan pemerintahan yang korup terstruktur. Tidaklah mengherankan kehidupan dan penghidupan mereka ibarat pengusaha yang sukses. Bagi mereka jika tersandung hukum, itu urusan belakangan. Mereka sudah berkakulasi antara jumlah nominal yang dikorup dibandingkan penghasilan rutin setiap bulannya dan vonis hukum yang akan diterima.
Lihatlah raut wajah pejabat yang korup dan rakyat yang melakukan tindakan kriminal, misalnya maling ayam, copet, sangat memilukan. Di hadapan kuli tinta, koruptor tetap tersenyum dengan alibinya tanpa rasa bersalah, sementara maling tertunduk malu dan menyesali diri.”

Tindakan koruptif sangatlah sulit diberantas, perlu kebersamaan membangun mental antikorupsi dari seluruh elemen bangsa guna terciptanya rakyat yang adil dan makmur. Semoga. (Asep/Jpch).

Check Also

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Wujudkan Cianjur Manjur Melalui TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri

Media Jabar.Net.Cianjur,- Bukti nyata membantu Pemerintah daerah dalam melaksanakan pemban…