ECOBRICK SOLUSI MASALAH SAMPAH PLASTIK KKN UPI DI SEKTOR 7

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.
Rabu (22/01/2020), Mahasiswa KKN UPI kelompok 2 di Desa Sayati mengadakan sosialisasi pembuatan ecobrick atau bata ramah lingkungan di Sekolah Dasar Pasawahan 02, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini ditujukan untuk siswa dan siswi di kelas 4, 5, dan 6 di Sekolah Dasar Pasawahan 02.

menurut Hilman selaku Ketua Pelaksana mengatakan pada Media Jabar ,“ Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi mengenai Ecobrick yang dapat menjadi salah satu solusi permasalahan sampah plastik yang ada pada lingkungan sekitar ,” Tutur Hilman.

Kegiatan diawali dengan pengenalan ecobrick ke siswa dan siswi. Pada kegiatan ini, mereka dikenalkan mengenai manfaat dari ecobrick dan tata cara pembuatan ecobrick itu sendiri.

Selanjutnya untuk meningkatkan animo siswa dan siswi agar menjadi lebih semangat, diadakan juga lomba pembuatan ecobrick yang ditujukan bagi siswa-siswi. Pada perlombaan ini, siswa dan siswi ditantang untuk membuat ecobrick sebanyak-banyaknya dan hasil pembuatan ecobrick ini nantinya akan dibuat menjadi fasilitas yang dapat berguna bagi Sekolah Dasar Pasawahan 2.

Ecobrick sendiri masih merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN UPI kelompok 2 Desa Sayati. Selain ecobrick, juga dilaksanakan program kerja lain seperti mengajar ke PAUD, melakukan sosialisasi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), dan sosialisasi sikat gigi yang baik dan benar. Selain itu, terdapat program kerja pembuatan biopori yang dikenal dengan LCO yang artinya Lubang Cerdas Organik yang dapat berfungsi sebagai tempat resapan air bagi lokasi yang mudah tergenang air ketika hujan deras.

Mahasiswa KKN UPI

Hilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *