Dewan Pers Hadir Pada Sosialisasi Peran Serta Pers dalam Mewujudkan Akselerasi Pembangunan Daerah” Yang di Gelar Dinas Kominfo Garut

Bagikan berita:

Media jabar.net.Garut – Guna meningkatkan informasi dan bekerja sama membangun pesan-pesan komunikasi yang positif di tengah masyarakat khususnya Kabupaten Garut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Garut menggelar peningkatan kapasitas jurnalis bersama insan pers dari berbagai media cetak dan online dan para ketua Lembaga Wartawan yang ada di Kab Garut di Hotel Redante, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Kamis (19/12).

Acara yang bertajuk “Sosialisasi Meningkatkan Peran Serta Pers dalam Mewujudkan Akselerasi Pembangunan Daerah” digelar selama dua hari.yang melibatkan para wartawan.media.cetak.elektronik,online dan unsur lembaga organisasi wartawan (PWI.IJTV.PWRI.AMMNI.IPJI.HIPWI.KWRI.HIPSI.SWI.FORWAGAS.dan Jurnalis Independen) Garut)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili Kabid Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Ricky Rizki Darajat SH M Si dalam pembukaanya mengungkapkan, peran insan pers sangat penting dan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan daerah. Oleh karena itu, ia meminta agar Insan pers menjaga kondusifitas Kabupaten Garut melalui pemberitaan yang dibuatnya.

“Kegiatan dilaksanakan berdasarkan perkembangan teknologi dan penyebar luasan informasi di segala bidang yang terus mengalami kemajuan perubahan baik dari segi kebijakan maupun peraturan daerah. Masyarakat harus mengetahuinya, maka dari itu, Insan Pers mempunyai peran strategis untuk mempublikasikannya sehingga partisipasi masyarakat dalam hal gotong royong membangun Garut yang lebih maju dapat terwujud,” papar Ricky.

Oleh sebab itu, lanjut Ricky, insan pers dituntut bekerja cerdas dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Peran strategis wartawan harus diimbangi juga dengan peningkatan kapasitas para jurnalis tersebut. Ia juga menghimbau kepada rekan-rekan pers, untuk tidak ragu-ragu dalam menjalankan tugas dan profesinya. Namun dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan kode etik jurnalistik.

kegiatan berlangsung selama dua hari pada Kamis dan Jumat 19-20 Desember 2019. ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Garut. Sementara materi kegiatan wawasan kebangsaan menghadirkan narasumber dari Bakesbangpol, Peranan Pers dari Dewan Pers, Peranan Pers dalam menangkal hoax dan radikalisme oleh Kapolres Garut.** wahyu/faisal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *