Dansrktor 22 Gencar Penanaman Pohon Di Lahan Kritis KBU

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Lembang – Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, bersama JPCh ( Jurnalis Peduli Citarum Harum ) kembali menanam pohon sebanyak 525 Pohon menggandeng  beberpa komunitas, di punclut kecamatan Lembang Kawasan Bandung Utara (KBU) yang dinilai sangat memprihatinkan ,kawasan yang semestinya menjadi sumber resapan air kini sangat kritis dan perlu penanganan bersama.Rabu (8/01/2019).

Beberapa komunitas seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)  ,Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  dibantu Mahasiswa KKN UPI, serta tokoh masyarat merupakan rangkaian giat kesekeian kalinya.

Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, pada kesempatan ini mengatakan, “Saat ini kami menanam selain tanaman keras juga pohon buah-buahan, yaitu pohon mangga, pohon nangka, pohon alpuket dan pohon duren yang cocok tumbuh di daerah ini” ujarnya

Daerah Punclut merupakan wilayah Kawasan kritis di KBU, yang pernah ditanami ribuan pohon tanaman keras oleh Satgas Citarum Harum sektor 22, pada Tahun 2018 dan Tahun 2019, sehingga pada pembelajaran itu terlihat ada beberapa tanaman keras yang tidak cocok ditanam di daearah ini.

Disamping itu, Dansektor 22 pun memperhatikan agregat tanah di kawasan KBU Punclut, sehingga menanam jenis pepohonan buah, yaitu bisa berdampak pada segi ekologis dan ekonomis, diantara tanaman pertanian sebagai pencaharian tetap bagi masyarakat.

“Kenapa harus tanaman buah, karena tanaman ini dari segi ekologi juga dapat dan segi ekonomis pun ada, maka pohon buah yang nantinya bisa berbuah lebat dan bermanfaat bagi masyarakat disini” ucap Dansektor.

Selain yang ditanam saat ini, Dansektor 22 pun merencanakan tanaman buah lainnya yang cocok ditanam di daerah punclut, yaitu jeruk lemon dan tanaman kopi arabicum yang tidak kalah manfaatnya bagi masyarakat, sehingga hal ini akan disiapkan sebagai rencana kedepan.

Saat ini Dansektor 22 citarum harum menanam beberapa jenis tanaman keras, diantaranya Alpukat 50, Durian 30, Mangga 30, Nangka 30, Ki Menyan 60, Ketapang jaha 50, Suren 50 dan Gamelina (jati putih) 225, sehingga seluruhnya berjumlah 525 pohon.

Tindakan cepat dalam penanaman pohon, Pasukan TNI Satgas Citarum mengajak kebersamaan sebagai jenis kolaborasi dengan beberapa komunitas supaya lebih cepat menangani permaslahan kritisnya KBU yang saat ini viral.

Penanaman pohon ini mendapat suport dari Bapak Sofyan sebagai Ketua Komunitas Padumukan Warga Punclut, yang sudah biasa menggerakan para penggarap untuk pemeliharaan tanaman diwilayahnya masing-masing.

Asep/Jpch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *