Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi Cek Ipal Pabrik Pamatex

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Kab.Bandung — Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi bersama  anggota Satgasnya, melakukan kunjungan ke pabrik Pamatex yang berlokasi di jalan Dayeuhkolot Bandung, Jum’at (19/6/2020).

Adapun kunjungan kerja tersebut dalam rangka mengecek proses pembangunan Instalasi pengolahan air limbah (Ipal) yang sedang berjalan.

Dikatakan Kolonel Kav Purwadi, “Kami Satgas Citarum Harum Sektor 7, dalam upaya percepatan pemulihan daerah aliran sungai Citarum dan dalam menjaga serta mengembalikan ekosistem air Citarum, sampai saat ini masih melakukan kroscek ke pabrik-pabrik guna memastikan limbah pabrik yang di buang ke Das Citarum sudah tidak mencemari ekosistemnya“, ungkapnya.

Untuk kali ini, lanjutnya, “Kami mendatangi pabrik Famatex yang berada di wilayah kerja kami, meninjau pembangunan Ipalnya, dan alhamdulilah pembangunan Ipal berjalan lancar sudah mencapai 80%, tentunya juga ini merupakan bentuk kerjasama yang baik dari pihak Famatex dalam upaya membantu dan mensukseskan program pemerintah terkait pengendalian dan percepatan pemulihan Das Citarum“,  terangnya.

Selanjutnya upaya pabrik Pamatex dalam mendukung program Citarum Harum walau belum mendekati sesuai baku mutu, karena masih trail, namun demikian kami tetap mendorong agar pelaksanaan pembuatan Ipal segera selesai dengan baik dengan menggunakan sistem Bakteri, dimana tahun lalu belum dan masih di rancang pembangunan Ipalnya“, ujar Kolonel Kav Purwadi.

Mengahiri perbincangannya, Kolenel Kav Purwadi mengucapkan terimakasih kepada pihak Pabrik Pamatex yang sudah bekerjasama dengan baik dalam upaya membantu program pemerintah pusat terkait pengendalian percepatan pemulihan daerah aliran sungai Citarum guna merawat Ekosistem air kembali kepada tempo dulu, yang ramah lingkungan.

Dilain pihak Agus Mulyadi wakil Manager PT. Pamatex, mengatakan, “PT. Pamatex tetap berkomitmen untuk menjaga lingkungan Das Citarum dari pencemaran limbah pabrik, tentunya satu langkah lebih maju guna memulihkan Das Citarum yang rawan limbah pabrik, maka kami dari PT. Pamatex segera membangun Ipal pabrik yang ramah lingkungan mengacu kepada program pemerintah Pusat, yang didorong secara moril oleh Dansektor 7, Kolonel Kav Purwadi dalam memberikan arahan dan petunjuk terkait upaya membantu pembanguna Ipal menggunakan sistem Bakteri“, jelasnya.

Dan saat ini, tambahnya, “Kami masih trail atau uji coba dalam proses Ipal agar sesuai dengan baku mutu tidak mencemari Das Citarum, kedepannya pembangunan Ipal ini akan mendorong  sektor-sektor lain guna menjadikan Citarum yang Sehat dan Harum serta ramah lingkungan“, pungkasnya. (Pendam III/Siliwangi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *