Dansektor 22 Sudah 30.000 Pohon Tertanam Di KBU

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Cimenya – Komandan Sektor (Dansektor) 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Asep Rahman Taufik), masif menanam pohon hingga saat ini sudah 30.000 pohon tersebar di wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU) bertujuan untuk mengikis lahan kritis.

Lahan kritis KBU masih embrio dalam pembenihan penghijauan, sehingga untuk mengaktifkan fungsi ekologis tanah membutuhkan waktu beberapa tahun kedepan, maka akan terlihat dan bisa menuai hasil penghijauan yang saat ini dilakukan.

Dansektor 22 citarum harum, kini menanam pohon keras, dilahan pertanian bawang merah milik Bp. Suryawan dari lahan (+-) 1 Ha. Terletak di Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Senin (23/03/2020).

Dikatakan Dansektor 22, pada kesempatan penanaman pohon tersebut, “Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh masyarakat pemilik tanah di KBU, untuk ditanami pohon keras ditengah lahan perkebunannya, dan ini merupakan hasil silaturahmi (komsos) dari satgas kepada masyrakat pemilik tanah” ujarnya.

Pemahaman yang sangat sulit, bagi pemilik lahan sayuran untuk ditanami pohon keras, dengan upaya yang kuat dari satgas sehingga bisa menghasilkan persetujuan pemilik dan bisa sepaham dalam penanaman pohon.

“Saat ini kami hanya bisa memberikan 130 batang pohon dari 21 jenis tanaman, salah satunya adalah makademia dan kayu manis, dikarenakan stok pembibitan yang makin menipis dan mudah mudahan kedepan kami bisa mendapatkan lagi benih yang bisa ditanam di KBU” kata Dansektor 22.

Dalam gerakannya, Dansektor 22 Citarum Harum melakukan penghijauan di KBU Cimenyan sejak awal Tahun 2020 sudah menghabiskan 30.000 pohon untuk beberapa desa, saat ini stok mulai menipis, sedangkan lahan kritis KBU masih membutuhkan jutaan pohon, hal ini perlu dorongan dari para pihak untuk menghijaukan KBU. Sehingga mata air yang pernah ada bisa muncul kembali.

Di daerah ini, Pak Suryawan mengaku pernah susah untuk mencari air sebagi kebutuhan sehari hari, bahkan disaat kemarau penduduknyapun harus membeli ke daerah perkotaan, untuk memenuhi kebutuhannya.

“Kami menanam pohon termotifasi oleh kebutuhan lingkungan yang harus hijau, dang membutuhkan resapan resapan air, mudah-mudahan dengan penanaman pohon saat ini bisa terwujud resapan air tersebut, tak luput pula kami ucapkan terimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22, bisa memenuhi kami disini” tutur Suryawan.

Asep/Jpch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *