Dansektor 22 Kolonel Inf.Eppy Gustiawan Tinjau Pengerukan Sungai Cipamokolan

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung –  Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., meninjau pengerukan Sungai Cipamokolan di wilayah Rw.01 Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Kamis (22/07/2021).

Pengerukan Sungai Cipamokolan di wilayah ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan air sungai juga sekaligus memerbaiki kerusakan daerah aliran sungainya. 

Kolonel Eppy Gistiawan berharap, gerakan perbaikan Sungai Cipamokolan ini bisa berbuah dengan hasil yang sesuai dengan rencana Satgas Sektor 22 Citarum Harum. 

“Yaitu kita sudah melakukan evaluasi terkait sungai di wilayah ini sebelumnya suka mengeluarkan busa dan bau yang menyengat, mudah mudahan lumpur yang mengendap sudah diangkat sekarang bisa mengembalikan Sungai Cipamokolan ke lebih baik lagi,” kata Eppy. 

Menelisik evaluasi beberapa bulan ke belakang bahwa bau yang menyengat juga mengeluarkan busa yang banyak ketika hujan, kondisi disini bahwa zat detergen sudah bersatu dengan lumpur yang menahun, selain itu juga sedimentasi sungai terus berkembang sehingga membuat rusaknya aliran sungai. 

Hal diatas Kolonel Eppy Gustiawan bersama anggota telah melakukan survay sepanjang Sungai Cipampkolan dari hilir hingga ke hulu sungai. 

“Maka dengan itu kami sekarang melakukan pengerukan di wilayah ini, karena air sungainya sangat diperlukan untuk mengairi lahan pertanian maka airnya harus bersih dan sehat,” masih kata Eppy. 

Maksud Kolonel Eppy Gustiawan adalah satu persatu secara perlahan setiap sungai harus dilakukan normalisasi, karena karakter sungai di wilayah sektor 22 kebanyakan sudah terkontamisasi oleh detergen dan bakteri ekoli. 

Dengan demikian, Dansektor 22 terus berupaya bekerja sama dengan para dinas terkait untuk mengkonsevasi sungai, hal ini sudah diupayakan oleh Dansektor 22 melalui diskusi dengan Wali Kota yang memiliki kebijakan penuh atas para dinas.(Asep/Jpch).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *