Media Jabar.Net.Bandung – Tanah longsor adalah suatu bencana yang sering kita rasakan di negara kita ini. Ditandai dengan bergeraknya tanah dari posisi awal memang menjadi perhatian banyak orang tak terkecuali Sektor 22. Sudah banyak usaha yang dilakukan Sektor 22 untuk meminimalisir terjadinya bencana di wilayahnya, salah satu cara yang cukup menarik perhatian banyak orang yaitu dengan budi daya tanaman Vetiver.
Vetiver yang sudah ditanam berada di wilayah Sungai Sungai Cinambo.

Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Eppy Gustiawan mengatakan,” Bahwa tanaman vetiver mampu mencegah longsor karena tanaman tersebut mampu menahan gempuran aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah. Selain itu, kehebatan tanaman ini memiliki batang yang kaku dan keras sehingga ketika ditanam akan tumbuh seperti pagar yang rapat dan mampu menahan aliran air permukaan. Kelebihan vetiver juga terletak pada kemampuannya yang bisa bertahan dengan cuaca atau iklim yang kering sehingga cocok untuk melindungi tanah dari erosi. Mengingat akarnya yang tumbuh cukup dalam, vetiver menjadi solusi utama untuk mencegah bencana khususnya longsor.” Ujar Eppy.

Dari banyaknya keuntungan yang didapat dari tanaman Vetiver ini, maka tidak heran apabila Dansektor 22 Citarum Harum mengembangkan Budi daya tanaman ini sebagai pencegah longsor yang berada di wilayah Sektor 22. (Asep/Jpch).

Check Also

Jajaran Pengurus serta Anggota DPD FPRN Provinsi Jabar Minta Aparat Keposisian Segera Tangkap dan Tindak Pelaku Penembakan Wartawan

Asep Mulyana Sekertaris FPRN Media Jabar.Net. BANDUNG – Pimred Media Online LasserNews, Ma…