200 Ribu UMKM di Jabar Binaan BRI Telah Gunakan QRIS

Bagikan berita:

Media jabar net .Bandung – Perkembangan digitalisasi dalam transaksi pembayaran membuat para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) turut serta mengaplikasikannya. Salah satu yang marak digunakan adalah QRIS, yang merupakan produk dari Bank Indonesia.

Manager Retail Payment & Card Departement BRI Regional Office Bandung, Yudi Darmawan menuturkan, penggunaan QRIS oleh pelaku usaha khususnya UMKM memang sejalan dengan jaman sekarang yang hampir seluruhnya sudah masuk ke ranah digital. Prilaku masyarakat sekarang sudah sangat minim menggunakan uang tunai ketika bertransaksi dengan memiliki metode nontunai.hal itu dikatakan yudi beberapa waktu lalu.

Yudi menuturkan, pada 2021 jumlah UMKM yang berada di bawah binaan BRI dan memiliki QRIS angkanya sudah mencapai 80 ribu. Angka tersebut kemudian bertambah lebih dari dua kali lipat pada 2022, di mana jumlahnya sudah mencapai 208 ribu.

“Untuk 2023 sendiri dari kami menargetkan ada penambahan UMKM memakai QRIS di angka 250 ribu, atau ada 50 ribu pelaku usaha baru yang membuka aplikasi QRIS tahun ini,” ujar yudi

Layanan menggunakan QRIS. (Dok. BRI)
Seiring jumlah UMKM yang memanfaatkan QRIS sebagai metode untuk pembayaran, jumlah transaksi pun meningkat setiap tahunnya. Pada 2022 misalnya, jumlah transaksi sudah mencapai 1,2 juta kali.

Sementara pada 2021, Yudi mengatakan bahwa data rincinya memang belum terekap. Namun, melihat jumlah UMKM yang bekerjasama kurang dari setengahnya dibandingkan 2022, maka transaksi pun diperkirakan hanya 500 ribu sampai 600 ribu kurun waktu 2021.

Hal yang cukup mencengangkan adalah data per Mei 2023 atau lima bulan pertama tahun ini atau hingga 31 Mei, transaksi pemakaian QRIS sudah mencapai 2,1 juta.

“Tahun ke tahun orang makin banyak pakai cashless (nontunai). Dan karena pandemik COVID-19 juga sekarang melek digital sudah jadi keharusan. Makanya orang juga sudah terbiasa membayar pakai dompet digital,” ujar Yudi.(yd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *