1 Tahun Bertugas di Maluku, 499 Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY Pulang Dengan Berhasil dan Selamat

Bagikan berita:

Media Jabat. Net. Jakarta, – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko diwakili Kapoksahli Pangdam III/Slw Brigjen TNI Kuat Budiman S.I.P. menyambut kedatangan/kepulangan sebanyak 499 prajurit Yonarhanud 3/YBY dalam Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Maluku Utara di Dermaga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Sabtu (14/10/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirimkan ke Sahabat Siliwangi, Minggu (15/10/2023).

Satgas satuan organik Yonarhanud 3/YBY yang dipimpin Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han., melaksanakan tugas di daerah Maluku Utara Wilayah Kodam XVl/Patimura sejak tanggal 19 Agustus 2022 selama selama 12 Bulan.

Selama dalam penugasan, Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY banyak membantu kesulitan rakyat dengan kegiatan pembinaan teritorial yaitu program Air Nusantara memberikan bantuan alat penyuling air untuk dipergunakan masyarakat mendapatkan air layak konsumsi secara gratis. Selain itu pembangunan jembatan penghubung Desa Kalebu dengan Desa Galebo.

Disamping itu dalam bidang pertanian pemberian pupuk organik Bios-44 serta mengembangkan penghemat BBM yang diberi nama De Four Up. Seluruh program tersebut menunjukkan rasa kepedulian yang tinggi Satgas untuk membantu kesulitan rakyat.

Kemudian atas kedekatan masyarakat dengan personel Satgas, banyak warga dengan sukarela menyerahkan senjata, munisi dan bahan peledak. Selama bertugas Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY berhasil menerima penyerahan sebanyak 124 pucuk dengan rincian senjata rakitan 114 pucuk, senjata organik/standar 10 pucuk, munisi campuran 588 butir serta bahan peledak 33 buah yang terdiri dari granat 26 buah, ranjau 7 buah dan 1 buah magazen.

Pangdam III/Slw pada sambutannya yang dibacakan Kapok Sahli Pangdam III/Slw mengatakan mengucapkan selamat datang kepada seluruh Prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonarhanud 3/YBY dan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan tugasnya.

“Kita semua patut bersyukur bahwa tugas operasi Satgas di wilayah Maluku Utara yang kalian laksanakan sejak tanggal 19 Agustus 2022, telah ditunaikan dengan baik, berhasil dan selamat,” ucap Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan dengan selesainya tugas operasi, maka secara formal Satgas Yonarhanud 3/YBY telah purna tugas dan akan segera kembali ke home base di Kota Bandung. Terkait dengan hal itu, kepada Danyon dan unsur pimpinan di satuan Yonarhanud 3/YBY segera laksanakan konsolidasi dan inventarisasi baik personel maupun materiil.

“Selamat kembali ke Home Base dan berkumpul kembali dengan keluarga, sampaikan salam hormat dan rasa bangga kepada keluarga masing-masing yang telah setia menanti dengan dorongan doa selama tugas operasi. Mudah-mudahan semua pengorbanan yang dilakukan, diterima sebagai amal shaleh oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutur Pangdam.

Turut hadir pada acara penerimaan tersebut Kasdim Jakarta Utara, Danyon Arhanud 6/ Kodam jaya, Danyonkav 4/KC, Danyon Armed 4/PHY, Danyonif R 301/PKS, Pabandya Harpal SLogdam lll/Slw, Pabanda Pam Sinteldam III/Slw, Wadan Deninteldam III/Slw, Dandenpal Bogor lll/1, Pabanda Renops Dam lll/Slw dan Wadan Denpom III /1 Bogor. (Pendam III/Siliwangi.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *