Berikut Produk UMKM Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Bagikan berita:

Sumber foto: https://www.istockphoto.com/id/foto/batagor-camilan-sunda-pangsit-ikan-goreng-tahu-dan-wonton-dengan-saus-kacang-gm911553264-250978819?phrase=Batagor

Media-jabar.net | Nasional – Banyaknya jenis makanan khas daerah merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara. Jawa Barat dikenal dengan cita rasa kulinernya yang beragam dan menggugah selera. Daerah yang dikenal dengan Tanah Sunda ini memiliki banyak makanan khas yang hingga kini masih banyak dijajakan.

Bahkan, sekarang sudah banyak UMKM makanan khas sunda yang menjualnya dalam bentuk makanan beku atau frozen food. Dengan demikian, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat untuk menikmati kuliner khas yang menggoyang lidah.

Makanan Jawa Barat Populer yang Diproduksi UMKM

Jawa Barat yang sejuk menjadi salah satu alasan banyak orang menjadikannya tujuan wisata melepas penat dan menghabiskan waktu liburan. Selain destinasi wisata yang memanjakan mata dengan keindahannya, Jawa Barat menjadi destinasi wisata kuliner bagi banyak orang.

Nasi tutug oncom, mie kocok Bandung, karedok, batagor, baso aci, cuanki, adalah contoh kuliner khas Jawa barat yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sana. Apa saja sih ragam kuliner khas Sunda yang terkenal akan cita rasanya yang lezat? Berikut beberapa makanan khas Sunda yang sudah diproduksi oleh UMKM makanan khas Sundayang bisa Anda coba.

  1. Batagor dan Cuanki dari Cancimen Store

Siapa yang tidak mengenal batagor? Kuliner khas Jawa Barat ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Batagor terbuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka.

Kemudian proses berlanjut dengan membentuknya menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Bakwan tahu, siomay, kentang, pare, dan telur yang disiram dengan saus kacang pedas, sungguh menggugah selera, bukan?

Tidak kalah pamor, cuanki dengan kuah pedas yang segar, bisa mengusir kantuk yang menyerang. Jika Anda berada di luar Jawa Barat tidak perlu khawatir. Cangcimen Store menyediakan batagor dan cuanki instan yang bisa Anda nikmati kapan saja dan di mana saja. Dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp13.000,00 hingga Rp15.000,00 saja, Anda sudah bisa menikmati lezatnya batagor kuah dan cuanki ramen yang segar.

  • Terasi Bawang dari Wuenak

Salah satu oleh-oleh kuliner Khas Jawa Barat produk UMKM adalah terasi bawang dari Wuenak. Perpaduan terasi dan bawang biasanya terdapat pada sambal. Namun, kini Anda bisa menikmatinya dalam bentuk yang berbeda.

Terasi Bawang Wuenak diproduksi dari bawang merah Sumenep pilihan, jadi tidak menggunakan bawang biasa yang dipakai di dapur. Bawang putih yang dipakai pun berasal dari jenis Kating yang aroma dan rasanya lebih enak serta lebih mahal.

Cabai segar dan terasi yang terjamin kebersihannya juga menjadi bahan andalan. Terasi bawang Wuenak digoreng garing dengan minyak kelapa terbaik. Terasi bawang Wuenak dikemas dengan kemasan yang cukup modern, yaitu botol plastik yang membuatnya praktis disimpan di mana pun.

Anda tidak perlu khawatir jika terasi bawang ini cepat basi. Hal ini dikarenakan produk buatan Wuenak ini bisa tahan hingga satu tahun jika Anda menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Anda bisa menikmatinya cukup dengan nasi putih hangat. Sediakan Terasi Bawang Wuenak di meja makan untuk berbagai keperluan.

  • Sambal Mertua

Kuliner Indonesia, khususnya Jawa Barat, terkenal dengan ragam sambalnya masing-masing. Menikmati nasi tutug oncom dengan perlengkapannya ditambah sambal, membuat perut meronta ingin diisi. Sambal Mertua hadir dengan banyak varian, seperti sambal bawang hingga level 5, sambal ebi, sambal teri, dan sambal bawang goreng pedas.

Harganya pun cukup terjangkau, hanya berkisar antara Rp31.000,00 hingga Rp32.000,00 saja. Sambal ini pun dikemas dalam kemasan botol yang praktis dan bisa di bawa ke mana saja. Anda yang ingin merasakan citarasa masakan khas Jawa Barat, boleh mencoba aneka sambal dari Sambal Mertua yang bisa dibeli secara online.

  • Dodol Garut

Dodol adalah salah satu jenis kuliner khas Indonesia. Ragamnya pun banyak di berbagai daerah dengan ciri khas masing- masing. Dodol terbuat dari tepung ketan yang ditambah santan dan gula merah. Ada juga yang dicampur dengan aneka buah, seperti waluh, kentang, kacang, pepaya, nenas, sirsak, srikaya, durian, wijen dan lain sebagainya sebagai bahan baku utamanya dan penambah cita rasa.

Dodol Garut dari Primarasa menjadi salah satu kuliner khas andalan Jawa Barat untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke Jawa Barat. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp35.000,00 hingga Rp50.000,00 saja. Sekarang pun Anda bisa membelinya secara online melalui berbagai marketplace.

Sebagai penikmat kuliner khas Jawa barat, Anda bisa membelinya di Blibli.com dengan menggunakan kode khusus yaitu Promo Jawa Barat untuk mendapatkan diskon. Blibli.com adalah marketplace terbesar, terlengkap, dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan beragam keperluan rumah tangga Anda.

Ragam kuliner khas Indonesia pun tersedia di sini. Anda cukup membuka aplikasi Blibli.com, memilih barang yang Anda inginkan, dan bayar, maka barang yang Anda beli akan dikirim sampai ke depan pintu rumah dengan selamat.

Kuliner Indonesia, Jawa Barat khususnya memang sangat menggugah selera. Beruntung, sekarang sudah banyak UMKM makanan khas Sunda yang menjual bermacam camilan tersebut secara online.

Hal tersebut menunjukkan bahwa geliat UMKM sudah mulai meningkat dan berkembang, dengan sistem penjualan online. Sehingga setiap masyarakat yang ingin membelinya tetapi berada luar Jawa Barat tetap bisa menikmati sajian khas luar daerah ini dengan nikmat. Bahkan tanpa disadari dengan mengkonsumsi kuliner khas Jawa Barat, Anda telah membantu banyak UMKM di Indonesia untuk terus meningkatkan kreativitas serta kebangkitan perekonomian, lho.

(Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *