POLITEKNIK STTT BANDUNG DAN AKATEKS SURAKARTA SEPAKAT MERINTIS FORUM MAHASISWA TEKSTIL INDONESIA

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung – KM-Politeknik STTT Bandung menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (AKATEKS) Surakarta. Kegiatan ini digelar di Ruang Sutera, Politeknik STTT Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, pada Minggu (18/2/2020).

Kunjungan ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa AKATEKS Surakarta yang diwakili oleh UKM Keilmuan, MPM KM-Politeknik STTT Bandung, Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Teknik Tekstil (Himatteks), Himpunan Mahasiswa Kimia Tekstil (Himakit), Himpunan Mahasiswa Barang Jadi Tekstil (HM-BJT) dan pihak Perguruan Tinggi.

Ketua Komisi 3 Afaf Tri Widiyaningsih mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk bertukar informasi terkait sistem pemerintahan mahasiswa (student goverment) di kampus masing-masing. AKATEKS Surakarta dan Politeknik STTT Bandung saling bertukar informasi terkait birokrasi organisasi kemahasiswaan. Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa AKATEKS Surakarta dengan mahasiswa Politeknik STTT Bandung.

“Kami bertukar pikiran tentang permasalahan dual system dan solusinya untuk organisasi kemahasiswaan. Disamping itu, kami juga membahas tentang perumusan Forum Mahasiswa Tekstil Indonesia” ujar Afaf.

Dia menyatakan, perintisan forum ini merupakan jawaban dari problematika tekstil yang sudah lama menjadi buah bibir masyarakat. Forum Mahasiswa Tekstil Indonesia ini akan fokus terhadap 3 aspek dibidang tekstil yakni teknologi tekstil, kebijakan pemerintah tentang tekstil dan industri tekstil.

“Yang tergabung ke dalam Forum Mahasiswa Tekstil Indonesia ini adalah organisasi mahasiswa yang memiliki konsentrasi terhadap bidang tekstil. Sejauh ini ada 15 kampus yang siap untuk bergabung dengan forum ini. Jawa barat sendiri sudah 10 kampus yang siap bergabung dan nantinya AKATEKS Surakarta dan Politeknik STTT Bandung akan menjaring kampus yang menggeluti bidang tekstil” ucap Afaf.

Ketua Pelaksana Kunjungan Studi KM-Politeknik STTT Bandung Ayatullah Erfansia berharap, dengan adanya Forum Mahasiswa Tekstil Indonesia ini mahasiswa dapat mengkritisi tentang permasalahan-permasalahan seputar tekstil. Forum ini juga diharapkan menghadirkan solusi terkait kesejahteraan buruh tekstil, ketertinggalan teknologi tekstil, kebijakan impor dan ekspor tentang tekstil yang berimbas pada perekonomian Indonesia, dan penguat produk lokal di ruang lingkup tekstil.

“Forum ini perlu berafiliasi dengan industri tekstil, organisasi tekstil seperti Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Ikatan Ahli Tekstil Seluruh Indonesia (Ikatsi), para pengusaha UMKM tekstil dan instansi pemerintah seperti Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan” papar Erfan.

Erfan berharap, dengan dihadirkannya forum ini akan keluar pemikiran untuk mendongkrak perekonomian nasional terkhususkan di bidang tekstil. Selain itu, forum ini menjadi media kampanye penggunaan produk lokal yang nantinya kita pasarkan secara masif.

Laporan: Hisyam Asy’ari
Komisi 2 MPM KM- Politeknik STTT Bandung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *