Subsektor 14 Sektor 22 Masalah Sampah Persoalan Bersama

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung –  Bahaya sampah menjadi   problem bersama tidak hanya menjadi beban pemerintah semata,namun masyarakat kini harus berperan aktip dalam pengelolaan sampah rumah tangga nya, dengan adanya program kota Bandung Kang pisman ( kurangi Pisahkan manpaatkan) mulai dari sampah rumah tangga salah satu solusi mengatasi problema sampah.

Hal tersebut membutuhkan sosialisasi secara masive untuk menyadarkan masyarakat , seperti yang dilakukan sektor 22 yang melaluidi komandani Kolonel Asep Rahman Taufik melalui  subsektor 14 ( Serma Ujang Supriatna ) mengadakan sosialisasi di SDN Parakan Waas 094 Batununggal, Senin (17/02/2020).

Program Kang Pisman kini menjadi tolak ukur penentu untuk menyelamatkan lingkungan yang bersih, namun belum tentu terserap murni oleh masyarakat dengan keterbatasan masifnya sosialisasi, kini Satgas Citarum Harum membawa kiprah tersebut ketiap pelosok wilayah Kota Bandung.

Penuturan Dansub 14 sektor 22, (Serma Ujang Supriatna) dalam sambutannya ketika jadi Pembina Upacara di SDN Parakan waas 094 menyampaikan, pengolahan sampah di Kota Bandung sangat tragis, karena bersumber dari PD. Kebersihan Kota bahwa tidak mampunya membuang seutuhnya dari lokasi, maka sisanya bisa berserakan tidak menentu ujungnya.

“Masih banyaknya sampah yang belum bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi problem yang mengerikan, bahkan beberpa tahun ke belakang TPA Sarimukti pernah meledak” tuturnya.

Dansub 14-22, menegaskan kepada para peserta upacara, dengan Program Kang Pisman merupakan solusi terbaik, sehingga sampah bisa bermanfaat dan bisa tuntas di lokasi, tanpa mengharapkan diangkut ke TPA.

“Mudah-mudahan dengan sering kami melakukan sosialisasi seperti ini, baik ke tiap anak pelajar melalui sekolah-sekolah maupun langsung turun ketengah-tengah masyarakat, bisa menyelesaikan masalah sampah, maka tujuan citarum harum bisa pula dicapai” harap Dansub 14.

Ada sambutan baik dari Kepala Sekolah SDN Parakan Waas 094 (Dra. Mulus Wahya Dyatmika, M.Pd) bahwa dengan adanya sosialisasi dari Satgaa Citarum Harum akan memberi kesan positif kepada para siswa/i nya,

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Satgas Citarum, sudah memberi edukasi tentang kepedulian lingkungan, saya yakin anak-anak kami akan terinspirasi, kamipun sudah menerapkan hal yang sama, namun lebih kuat lagi dengan bapak-bapak tentara, anak anak kami akan lebih faham lagi” ujar Mulus.

Kepala Sekolah yang satu ini, suka memaparkan kepada para orang tua murid melalui pertemuan Forum Orang Tua Murid (FOM SD 094) dengan memberi edukasi kepedulian terhadap lingkungan melalui program kang pisman dan anak anaknya harap diberi bekal di rumah baik makan maupun minumnya,

“harapannya adalah supaya tidak memproduksi sampah di sekolah dan sikap peduli bersih ini akan terbawa ke manapun ia berada” katanya.

Asep/Jpch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *