Media Jabar.Net.Bandung | 250 Kg sampah Satgas Sektor 22 sub 02 pada pembersihan Sungai Cidurian di Rw 13 dan 14 Kelurahan Cigadung dan Rw 02 Kelurahan Neglasari Kecamtan Cibeunying Kaler Kota Bandung.

Kondisi sungai sudah membaik dari sedikit sampah domestik yang ditemui satgas, namun kondisi sedimentasi masih jadi polemik di lapangan.

Dansub 02 sektor 22 Citarum Harum, Pelda Nur Suhud memaparkannya, bahwa keberadaan sampah rumahan sudah sedikit ditemui di area sungai.

“Sampah domestik bisa dikatakan hampir tidak ada, kita hari ini membersihkan sedimentasi dari rumput liar, saya yakin jika dibiarkan makin hari sedimentasi akan membesar,” kata Nur Suhud. 

Betul adanya, sedimentasi sungai hidup seperti gunung es atau terumbuk karang semakin lama akan bertambah besar. 

Kedapatan ditiap sungai sedimentasi membesar karena adanya pembiaran. Hal ini terpengaruh sumber dana dari kedinasan terkait terhenti untuk pemeliharaan sungai karena adanya kendala covid-19.

Dinas terkait biasa menganggarkan disetiap tahunnya untuk melakukan pengerukan sungai. dengan titik yang telah ditentukan menurut kondisi sungai. 

Bidang sungai dinas tersebut rutin melakukan pemeliharaan yang digarap oleh pihak ke tiga dari tahun ke tahun.

Namun keberadaan satgas sektor 22 bisa mengisi dan masif mengajak pasukan gober kewilayahan untuk mengerjakan dengan peralatan seadanya. 

“Walau hasil pembersihannya tidak maksimal, namun sedimentasi ini terus berkurang, soalnya kita harus mateng pada peralatan maupun kondisioner buangannya,” imbuh Nur Suhud.

Progres pemajuan satgas sektor 22 pada rutinitas pembersihan sungai sebenarnya merupakan pebinaan bagi masyarakat dan aparat kewilayahan.

“Aksi pembersihan sungai oleh satgas mudah mudahan bisa terus berlanjut, walau kami sudah habis masa dinas di Citarum Harum,” kata Nur Suhud. 

Pembienihan embrioritas gerak satgas citarum harum kini sudah bisa dirasakan, terutama di tiap wilayah dari berbagai subsektor. Sehingga jejak digital satgas sektor 22 bisa mematri pada karakter aparat kewilayahan dan warganya. (den).

Check Also

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Wujudkan Cianjur Manjur Melalui TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri

Media Jabar.Net.Cianjur,- Bukti nyata membantu Pemerintah daerah dalam melaksanakan pemban…