Sektor 22 CH Sub 12 Karya Bakti Di Sungai Cikapundung Sepanjang 200 M

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung – Sungai Cikapundung Wilayah Rw 18 Kelurahan Tamansari Kecamatan Sumur Bandung dibersihkan satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub Sektor 12, Kamis (18/02/2021).

Pembersihan sungai difokuskan pada sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar, menurut Peltu Ade Sukamana (Dansub 12-22) hal ini banyak kesamaan seperti di sungai sungai lainnya.

“Sudah terbiasa sungai dimanapun selalu ada sedimentasi, namun jelas kondisi seperti ini musim hujan maka perlu pantauan serius supaya tidak jadi penyebab banjir,” kata Ade.

Sedimentasi bila dibiarkan akan membesar dan keras, penyempitan sungai mudah terjadi maka secara bertahap Satgas Citarum Harum bersama gober kewilayahan terus bergerilya membersihkan tiap sungai.

Pada pembersihan saat ini satgas bisa menyelesaikan sepanjang (-+) 200 meter sungai, diwilayah RW 18 Kelurahan Tamansari.

Sebagai pendorongan menguatkan perubahan prilaku masyarakat, walau saat ini sampah rumahan mulai berkurang di wilayah sub 12, namun sosialisasi door to door terus dilakukan.

Edukasi dialogis merupakan salahsatu upaya penerapan prilaku yang benar dalam memperlakukan alam oleh masyarakat, sehingga bisa menjamin keberlangsungan sikap peduli kebersihan terhadap lingkungan dan sungai.

“Hari ini kami melaksanakan komsos kepada warga, sosialisasikan tentang larangan tidak buang sampah sembarangan dan program Citarum Harum di wilayah Kelurahan Tamansari,” ujar Ade.

Pengontrolan perkembangan sungai tiap hari dilakukan, supaya terpantau keadaan yang sebenarnya, seperti pada satgas subĀ  12 melakukannya di wilayah kerjanya. (Asep/Jpch).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *