Peserta Latopsduk Ikuti Penyegaran Materi Kampanye Militer dan Opsgab TNI

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Kodiklatal Surabaya – Menjelang pelaksanaan gladi posko Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TNI AL tahun 2022, seluruh peserta latihan mengikuti kegiatan penyegaran materi latihan tentang kampanye militer dan operasi gabungan TNI di Auditorium Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jumat, (3/6/2022).

Pembekalan dilaksanakan melalui Vicon dan tatap muka langsung kepada para pelaku latihan Latopsduk TNI AL Tahun 2022. Dalam kegiatan tersebut, untuk pelaku Komandan Satuan Tugas Operasi Dukungan (Dansatgas Opsduk) Informasi dari Koarmada II dengan Poskolat di Gedung Sudomo, Dansatgas Opsduk Intelijen dari Lantamal V dengan Poskolat di Joglo Pokgadik Kodiklatal, serta Dansatgas Opsduk Psikologi dari Dispsial yang berkedudukan di Juanda.

Materi pertama, tentang kampanye militer disampaikan oleh Komandan Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Danpuslatlekdalsen) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Lukman Kharish, S.T., M. Han. Sedangkan penyegaran materi tentang Operasi gabungan TNI disampaikan oleh Paban III Sislat Ditlat Kodiklatal Kolonel Marinir Agus Gunawan.

Dalam paparannya, Danpuslatlekdalsen mengatakan bahwa kampanye militer merupakan fase perang yang melibatkan serangkaian operasi yang terkait dalam ruang dan waktu serta ditujukan dengan tujuan tunggal, spesifik, strategis atau hasil dalam perang.

Kampanye militer, lanjutnya, dapat mencakup pertempuran tetapi lebih sering terdiri dari sejumlah pertempuran selama periode waktu yang berlarut-larut atau jarak yang cukup jauh tetapi dalam satu operasi atau area yang dibatasi.

Adapun Latopsduk ini merupakan latihan TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel TNI AL dalam pelaksanaan operasi dukungan Intelijen, Informasi, dan Psikologi guna mendukung tugas pokok Kogab TNI.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal

sedangkan tema Latihan kali ini adalah “Satgas Dukungan Intelijen, satgas Dukungan Informasi dan Satgas Dukungan Psikologi melaksanakan operasi dukungan intelijen, operasi dukungan informasi dan operasi dukungan prikologi di mandala operasi Jawa Timur dan sekitarya dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *