Pangdam III/Siliwangi, Keberlanjutan Ekosistem Untuk Ketahanan Pangan

Bagikan berita:

Media Jabar. Net. Kab. Majalengka, – Dalam rangka optimalisasi pemberdayaan wilayah, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo meninjau demplot ketahanan pangan ikan nila di Desa Gandawesi Kec. Ligung Kab. Majalengka, Kamis (03/08/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis kepada awak media, Jumat (4/8/2023).

Demplot tersebut semula merupakan lahan bekas sawah yang terbengkalai. Atas inisiasi dari Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro, S.Ip., M.Si. dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dengan menyulap lahan tersebut menjadi Demplot Ikan Nila.

Pangdam beserta rombongan datang untuk memastikan berbagai upaya optimalisasi pemberdayaan daerah telah dilakukan oleh Kodim 0617/Majalengka berjalan seiring dengan program Pemda setempat.

Demplot ikan nila saat ini memasuki usia 26 hari sejak awal penaburan benih pada tanggal (05/07) dengan terlebih dahulu disiapkan medianya menggunakan Bios 44 DC. Benih ikan yang ditabur saat itu masih berbentuk larva sekitar 4.000 ekor.

“Kita mencoba membangun ekosistem berkelanjutan yang dimulai dengan pemanfaatan lahan tidak produktif menjadi Demplot ikan, selanjutnya dari air kolam tersebut dimanfaatkan untuk sawah sehingga lahan bekas galian C menjadi produktif” tutur Pangdam

Pangdam menegaskan bahwa Kodam III/Slw terus berupaya melakukan pendampingan terhadap berbagai program Pemerintah Daerah khususnya terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat tentang ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan tidak produktif dengan menjaga keseimbangan ekosistem.

“Diharapkan upaya yang dilakukan oleh Kodam III/Slw dapat mensejahterakan dan mengangkat ekonomi masyarakat di daerah pinggiran khususnya di pedesaan,” ujar Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam membuka ruang diskusi bersama Forkopincam Ligung dengan menitipkan pesan agar pada tahun politik saat ini, masyarakat tetap kompak dan tidak mudah terpengaruh serta tidak gampang terprovokasi karena bisa mengakibatkan konflik.

Turut hadir Kasdam III/Slw, Kasgartap II/Bdg, Irdam III/Slw, Danrem 063/SGJ, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa LO AU dan AL, Dandeninteldam III/Slw, Ketua Persit KCK Daerah III/Slw beserta pengurus. (Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *