Mahasiswa KKN UPI Sektor 7 Kenalkan Gerakan Masyarakat Sehat pada Siswa Sekolah Dasar

Bagikan berita:

Media Jabar.Net. -Kabupaten Bandung, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sektor 7 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2019 di Kelurahan Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, mengenalkan gerakan masyarakat sehat pada anak usia dini dengan menggelar sosialisasi akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan selama 2 hari kepada siswa SDN Angkasa 04, yang dimulai pada hari Rabu (15/01/2020).

Kegiatan pada hari pertama merupakan pengenalan jenis-jenis sampah. Hal ini bertujuan agar anak-anak usia dini dapat memilah dan membuang sampah sesuai pada tempatnya. Dilanjutkan pada hari berikutnya dengan penyuluhan mencuci tangan dan gosok gigi dengan benar. Acara dikemas dengan cara yang menarik, seperti menyanyikan lagu cuci tangan bersama-sama dan dilanjutkan dengan praktik cuci tangan dana gosok gigi yang benar yang dilaksanakan di halaman sekolah. Para siswa sangat antusias dan bersemangat saat mengikuti penyuluhan tersebut.

Teja Gustiawan selaku ketua kelompok KKN UPI Sektor 7 Kelurahan Sulaiman 2019 menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan agar siswa sekolah dasar dapat mengerti pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan demi kesehatan mereka.

“Karena siswa-siswa harus mulai diberikan pemahaman ditingkat Sekolah Dasar agar kelak dapat menjadi kebiasaan yang baik” ujar Teja Gustiawan.

Sementara itu, Humas kelompok KKN UPI Sektor 7 Kelurahan Sulaiman 2019, Agass Agiama menambahkan, kegiatan penyuluhan disesuaikan dengan pendekatan yang sesuai dilaksanakan, sehingga siswa menjadi nyaman dan senang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para siswa untuk mau menjaga kebersihan diri dan lingkungannya, sehingga harus dibawakan dengan riang dan santai” ujar Agas Agiama, Humas kelompok KKN UPI Sektor 7 Kelurahan Sulaiman 2019.

Di akhir kegiatan penyuluhan, setiap siswa yang mengikuti kegiatan diberi konsumsi sehat sebagai hadiah dan motivasi mereka untuk lebih peduli dan membiasakan diri akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Mahasiswa KKN UPI

Irfan Abdurrazaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *