Lestarikan Budaya Nusantara, Dankodiklatal Saksikan Pagelaran Wayang Peringati HUT Ke-78 TNI

Bagikan berita:

Media Jabar.net.TNI ALKodiklatal.Surabaya, — Dalam rangka melestarikan budaya Nusantara, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono menyaksikan pagelaran wayang kulit yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI, dan diselenggarakan oleh Koarmada II, bertempat di depan gerbang masuk pos Hang Tuah Koarmada II Surabaya. Jumat malam (06/10/2023).

Pagelaran wayang kulit dengan lakon Bimo Krido tersebut menceritakan tentang seorang satria pandowo yang sedang bertugas, untuk menjaga Negara dan membangun Negara. Adapun Dalang yang membawakan cerita kali ini adalah Ki Bambang Tri Bawono yang didampingi tujuh orang sinden. Selain itu, tidak hanya pertunjukan wayang kulit tetapi masyarakat Surabaya juga di hibur dengan penampilan ludruk oleh Cak Tawar dan teman-teman.

Pagelaran wayang kulit peringatan HUT ke – 78 TNI dilaksanakan secara serentak di 75 tempat di wilayah Indonesia dan 3 di luar negeri seperti Washington DC, Suriname, dan Malaysia. Sementara itu acara pagelaran wayang terpusat di Mabes TNI Jakarta yang dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Melalui media video conference Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI dan Polri serta juga seluruh komponen masyarakat yang telah mendukung TNI selama ini, sehingga kegiatan rangkaian kegiatan upacara maupun kegiatan hari ulang tahun TNI ke 78 kemarin dapat disaksikan bersama pada puncaknya di Monas, seperti acara parade defile dan juga demo alutsista dapat terlaksana dengan lancar.

“Pada malam hari ini masih dalam rangkaian kegiatan perayaan HUT TNI ke – 78 walaupun di dalamnya ada tuntunan maupun tontonan tiba saatnya kita melaksanakan dan menyajikan hiburan sebuah pagelaran wayang kulit dimana kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya harus mengeluarkan tenaga seperti upacara dan lainnya,” ungkap Laksamana Yudo.

Panglima TNI berharap semoga acara ini mudah-mudahan bisa memberikan hiburan kepada seluruh masyarakat semuanya dan juga wujud kebersamaan TNI bersama rakyat.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *