Jelang Purna Tugas Satgas Yonarhanud 3/YBY Kembali Terima Penyerahan Senpi dan Muhandak

Bagikan berita:

Media Jabar. Net. Halmahera Utara, – Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY kembali menerima penyerahan 1 pucuk senjata standar Arisaka type 38 dan 1 pucuk Lee Enfield serta munisi Kal. 7,62 mm sebanyak 13 butir dari warga Desa Gamsungi Kec. Kao Teluk di Pos Dumdum.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonarhanud 3/YBY Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han., melalui saluran telepon seluler, Selasa (25/05/2023).

Pemberian senjata oleh warga berawal dari Sertu Faisal Tri Sasongko dan Pratu Agus Jems Manana yang mempunyai hoby yang sama sering bermain voly dengan pemuda Desa Gamsungi

“Bahkan untuk mendukung kegiatan olahraga tersebut Sertu Faisal dan Pratu Jems memberikan Sarana berupa Bola Voly dan Net kepada pemuda Gamsungi yang diterima oleh “K”,” jelas Dansatgas.

Sambil memberikan Sarana olahraga tersebut Sertu Faisal sering menyampaikan kepada warga Desa Gamsungi yang hadir untuk menjaga dan memelihara keamanan setempat, kemudian jika masih ada warga yang menyimpan senjata api maupun bahan peledak lainnya agar dapat diamankan di Pos Dumdum.

“Seiring berjalannya waktu, Sertu Faisal dan Pratu Jems menjadi dekat dengan K maupun keluarganya. Bahkan sering diajak makan bersama keluarga K dan oleh orang tua K sudah menganggap seperti anaknya sendiri,” ucap Dansatgas.

Lebih lanjut Dansatgas menyampaikan menjelang akhir Satgas pada bulan Agustus Sertu Faisal dan Pratu Jems memanfaatkan moment tersebut untuk berpamitan kepada warga, saat itu pada Sabtu (22/07) Sertu Faisal dan Pratu Jems ditelpon K untuk makan bersama.

“Saat selesai makan, orang tua K Bapak AB keluar dari kamar dan memberikan 2 pucuk senjata beserta 13 munisi kaliber 7,62 mm sambil mengatakan “ini Bapak kasih oleh-oleh untuk anak-anak Bapak”,” terang Dansatgas.

Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han. menerangkan bahwa sampai dengan Selasa (25/07) senjata, munisi dan bahan peledak yang diserahkan warga kepada satgas Pamrahwan Maluku Utara Yonarhanud 3/Yby sebanyak 124 pucuk dengan rincian senjata rakitan 114 pucuk, senjata organik/standar 10 Pucuk, Munisi Campuran 588 Butir serta bahan peledak 33 buah yang terdiri dari Granat 26 Buah, Ranjau 7 Buah dan 1 buah magazen.

“Kami berharap dengan banyaknya penyerahan senjata dari masyarakat bisa mengurangi konflik yang selama ini di khawatirkan di daerah Maluku,” pungkas Letkol Arh Achmad Yani. (Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *