Dansektor 22 Kolonel Inf.Eppy Gustiawan ” Masyarakat Harus Berpedoman 5 Pilar (STBM) Saat Tinjau Lokasi Pembangunan Ipal

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung – Dansektor 22 didampingi unsur Kewilayahan meninjau lokasi pembangunan Ipal Komunal di wilayah Kel. Pasir Jati Kec. Ujungberung. Di hari pertama pembangunan Ipal tersebut, para pekerja yang tergabung dari beberapa warga melaksanakan pembersihan area sekitar Senin ( 3 /4/2021).

Dansektor 22 Kolonel Inf.Eppy Gustiawan mengatakan ,” Akses Sanitasi di Kelurahan Pasirjati sudah di atas 73 % artinya dengan adanya pembangunan Ipal ini angka tersebut akan meningkat drastis karena ada 95 KK penerima manfaat yang terhubung pada saluran rumahnya.

” Kondisi ini perlu kita syukuri, karena Kelurahan Pasirjati merupakan salah satu dari 74 Kelurahan yg harus ODF 100% di bulan Mei 2021, Alhamdulillah dengan adanya pembangunan Ipal program Citarum Harum dapat membantu serta menuntaskan permasalahan yang sukar diselesaikan selama ini ,” Tegas Dansektor.

Selain itu Kolonel Inf Eppy Gustiawan S.I.P menuturkan, pembangunan Ipal ini bertujuan untuk memutus KK yang masih BABS (Buang Air Besar Sembarangan). Masyarakat masih belum paham adanya masalah besar pada tinja, dampak dari masalah tersebut bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak atau yang biasa disebut Stunting , yang bisa berdampak pada perkembangan otak, fisik, anak serta rentan pada penyakit dan sulit berprestasi.

Harapan saya selaku Dansektor tentunya setelah Ipal ini selesai, masyarakat sekitar harus bisa merawat serta memelihara agar fungsi Ipal dapat dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama.Selanjutnya masyarakat pun harus pedomani PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta paham akan 5 Pilar STBM :

  1. Tidak BABS (Buang Air Besar Sembarangan)
  2. Mencuci Tangan Pakai Sabun
  3. Mengelola Air Minum dan Makanan yg Aman
  4. Mengelola Sampah dengan Benar
  5. Mengelola Limbah Cair Rumah Tangga dengan Aman. Apabila pola PHBS dan 5 Pilar STBM diaplikasikan dikehidupan sehari-hari pastinya kesehatan akan selalu terjaga di badan kita maupun lingkungan sekitar. (Asep/Jpch).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *