Media Jabar.Net. Kota Bandung, – Sanitasi lingkungan menjadi keniscayaan buat masyarakat. Apalagi, untuk Kota Bandung. Salah satu indikator Kota dikatakan indah adalah bebas ODF (Open Defecation Free). Itu artinya, tidak boleh ada warga yang buang air besar sembarangan. Dan ini harus diwujudkan dengan jamban sehat di rumah-rumah warga.

Untuk mewujudkan hal itu, PT. Siam Cement Group (SCG) salah satu Perusahaan CSR ( Corporate Social Respinsibility) melalui programnya berencana membangun MCK atau Jamban untuk mewujudkan Bandung Kota Sehat.

Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Eppy Gustiawan melalui Pasiop Letda Inf. Jukiman Naibaho menyampaikan, program ODF masih perlu sentuhan maksimal dari perusahaan atau instansi lain.

“Memang program ini butuh peran serta dari banyak Corporate, Karena kita berharap Kota Bandung harus bebas ODF pada 2021″. Ucap Naibaho kepada wartawan. Kamis (17/6/2021)

Ia menjelaskan, saat ini kita melakukan survey lapangan bersama Kabid Pemukiman Disperkim Prov. Jabar, Kabid Pemukiman Kota Bandung, Lurah Pasirluyu, Sekcam Astana Anyar, Lurah Babakan Ciparay, Ketua RW setempat dan Perwakilan tim PT. Siam Cement Grup.

“Survey dilakukan di wilayah kecamatan Regol, Kecamatan Astanaanyar, dan Kecamatan Babakan Ciparay yang menjadi prioritas dalam program ini”. Jelasnya.

Selama ini, menurut Naibaho, masih ada warga yang buang air besar sembarangan terutama ke sungai yang mengakibatkan air sungai mengandung bakteri ecolly yang dapat mengganggu kesehatan..

“Dengan adanya program jamban sehat, dapat mewujudkan stop BAB semvarangan serta menjadikan motivasi untuk menciptakan hidup sehat dan bersih”. Tuturnya.

Ia berharap, dengan rencana pembangunan Jamban sehat ini dapat membentuk prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat serta mencegah Buang Air Besar Sembarangan (BABS) ke sungai.

“Dengan adanya jamban sehat, diharapkan masyarakat bisa memulai berprilaku sehat dan peduli kepada lingkungannya”. Pungkasnya. (Asep/Jpch)

Check Also

Khaidir Ketua MPAI Kalsel Sosialisasi Kebakaran Hutan Punya Nilai Manpaat Di Masyarakat

Media Jabar.Net.Kalsel – Rabu ( 23 /6/2021) Bertempat di Desa Pantai Linuh Kecamatan…