Brigadir Jason Ujung Tombak Kepolisian Di Kelurahan Karasak

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Bandung –  tiga pilar kelurahan merupakan kekuatan di kewilayahan apa bila terjalin  sebuah kekempokan antara Lurah, Bhabhinmas (Bhabin,l , dan Bhabhinsa (Bhinsa) . Seperti di Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

Lurah Karasak A.sopian , Bhabin mas .Brigadir Jajang Sopandi.yang akrab di panggil Jason , Bhabinsa Serka Sukirmam , ketiganya merupakan tiga pilar kekuatan di kelurahan karasak, ketiganya begitu kompak dalam menjalankam tugas di kewilayajannya. Masyarakat menjadi nyaman melihat ketiga nya selalu bersinergis dalam menjalankan tugasnya.

Seperti yang sering dilakukan Bhabinkamtibmas, Jason menjadi ujung tombak kepolisian yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Termasuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tugasnya.

Masysrakat yang begitu  Hetereogen membawa berbagai permasalahan, terutama persoalan keributan  antar tetangga atau keributan antar gang  “ Banyak persoalan diantara warga  dengan warga , atau warga antar Gang ,” kata Jason

Namun tidak membuat semangatnya kendor dalam menjalankan tugas nya “ yang Awalnya sulit dimediasi, namun dengan melibatkan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama ahirnya bisa diselesaikan,” ucapnya.

Brigadir Jason  mengaku selama bertugas, dia berusaha tidak menonjolkan dirinya sebagai anggota Polri. Melainkan sebagai warga biasa, yang kebetulan menjadi polisi. Karena itu, pendekatan kultural kepada masyarakat lebih diutamakan. ”Saya jamak-jamak saja. Tidak ada sekat antara saya dengan masyarakat,” ujarnya.

Dari rutinitasnya menyambangi warga itu, Brigadir jason tak pernah ketinggalan informasi setiap ada gangguan Kamtibmas di wilayah kerjanya. “Mereka selalu memberithau saya,” tambahnya.

Tidak adanya jarak dengan warga membuat Jason nyaman menjalan tugas dan fungsi sebagai anggota Bhyangkara. Ketika dia berkeliling, menyambangi rumah-rumah warga, tidak ada satu pun masyarakat memanggil  ‘Pak Bhabin’ maupun ‘Pak Polisi’.tetapi pasti memanggil nya Pak Jason

Hal tersebut membuat Jason dikenal semua lapisan masyarakat. ”Yang dikenal itu Pak Jason , karena saking dekatnya,” ucap hendra salah seorang  warga Rw ,04.

(Asep.M).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *