Bidang Tanah di Kabupaten Garut yang terdaptar masih jauh dari target BPN kabupaten Garut.

Bagikan berita:

Media jabar net  – Bidang tanah di Kabupaten Garut yang terdaftar masih jauh dari target. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Garut mendata, bidang tanah yang telah terdaftar baru 34 persen atau 459.054 bidang, dari total keseluruhan sekira 1.346.110 bidang.

“PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) 2022 dan PTSL PM (Partisipasi Masyarakat) total sekitar 110.000 bidang, masih jauh sekali kalau melihat road map kita menuju 2024. Kabupaten lengkap itu minimal setiap tahunnya itu harus 285 ribu bidang yang tersertifikatkan,” kata Kepala Kantor Wilayah BPN Garut Nurus Sholichin, beberapa waktu lalu.

BPN Garut pun melakukan sejumlah langkah guna menanggulangi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggelar acara Konsultasi Publik Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA), yang dilaksanakan di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kabupaten Garut.beberapa waktu lalu

“Mudah-mudahan nanti dengan kegiatan ini bisa berjalan lancar, bisa terlaksanakan kabupaten lengkap, karena cita-cita dari Pak Bupati pada 2024 Kabupaten Garut bisa terpetakan semuanya,” tuturnya.

Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemkesra, Suherman, mengatakan pemerintah daerah akan mendukung segala program yang digalakan BPN dalam memenuhi target pendaftaran bidang tanah. Menurut Suherman, program pendaftaran yang dilakukan oleh BPN dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Ini salah satu yang akan mengangkat martabat perekonomian masyarakat, terutama kepastian hukum (pertanahan) masyarakat semakin yakin dan jelas,” kata Suherman.
Suherman pun mengungkapkan bahwa hingga saat ini masih banyak kantor-kantor pemerintahan yang belum tersertifikatkan.

“Oleh karena itu, kami berharap melalui kegiatan ini para peserta yang hadir mampu memberikan informasi yang lebih akurat, sehingga permasalahan terkait kantor yang belum mendapatkan sertifikat dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat,” katanya. ( yd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *