Bang Faiz Siapkan Kecamatan Cibogo, Menjadi ECO Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.- Subang, Kecamatan Cibogo memang belum termasuk kedalam daftar wilayah Objek Destinasi Tempat Wisata (ODTW), sebagian besar wilayahnya adalah industri pabrik, akan tetapi potensi di setiap wilayah untuk pengembangan destinasi wisata ternyata ada.

Seperti beberapa waktu lalu, Yayasan Gerakan Pemberdayaan Bangsa Indonesia bersama Klinik Madani, Selasa (02/08/22), menyelenggarakan acara sosialisasi Akselerasi Dalam Pembangunan ECO Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat Di Kecamatan Cibogo, yang bertampat di Aula Kantor Desa Majasari, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, wilayah setiap Desa ternyata Potensi untuk di jadikan ECO Wisata.

Menurut ketua Yayasan Gerakan Pemberdayaan Bangsa Indonesia Wilayah Kabupaten Subang, Abdurrahman Faiz As’ad atau biasa disapa Bang Faiz, memaparkan dalam sambutannya, “saya melihat potensi wilayah Kecamatan Cibogo, pasti banyak terdapat tempat wisata kalau di kelola dengan serius, keterlibatan masyarakat dan pemerintah sangat penting, seperti Situ Cinangsi, Desa Cinangsi yang sekarang sudah ada, namun belum berdampak buat masyarakat, semoga dengan adanya acara kita kali ini bisa menjadi tempat wisata yang berkelanjutan dan berdampak perekonomian buat masyarakat sekitar”. Ungkapnya.

Mengungkapkan kembali pendapat Bang Faiz, kita sebetulnya sudah ditunjang dengan Daerah yang strategis ditengah kota, infrastruktur jalan yang sudah baik dan dapat di akses dari manapun, “maka dari itu jika masyarakat bisa bergerak untuk mewujudkan adanya tempat wisata di daerah kita dengan konsep ECO Wisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat, “saya yakin masyarakat akan sejahtera, masyarakat disana bisa tumbuh usaha usaha seperti kulinernya, souvenirnya, dan pengelolaan tempat parkir, yang semuanya melibatkan masyarakat”.

Acara di hadiri oleh Camat Cibogo, Kepala Desa dan perwakilan dari sembilan Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Cibogo, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Subang, Perwakilan dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Subang.

Camat Cibogo, Sri Novia, Dalam sambutannya pun mengungkapkan hal yang sama, bahkan Sri sempat dengan staff Kecamatan Cibogo melakukan Studi banding ke daerah Semarang, disana ada suatu kampung yang memang tidak ada wisata alamnya, namun di sana ada budaya seni tari yang mereka kembangkan sehingga menjadi Objek Destinasi Wisata, dan masyarakat mau bergerak.

“Setelah mendengar pemaparan dari narasumber ternyata di kecamatan Cibogo banyak potensi yang di jadikan embrio Desa Wisata berkelanjutan, salah satunya dengan mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan produktif sehingga membantu penghasilan ekonomi masyarakat itu sendiri.
Maka dari itu pemerintah Kecamatan Cibogo, bertekad membangun kawasan wisata yang sesuai Visi dan Misi Kecamatan Cibogo dan sebagai aplikasi dari dokumen RPJMDesa Kecamatan Cibogo, Program Bupati Subang tentang Desa Wisata berkelanjutan, Program Provinsi Gubernur Jawa Barat, Program Presiden dan Sustainable Development Goals (SDGs)”. Paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *