FKS Jawa Barat Bersama Kementerian KUKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Vocasional

Bagikan berita:

Media-jabar.net | Permasalahan tentang pangan disaat sekarang ini menjadi salah satu fokus bagi pemerintah pusat dalam penguatan ekonomi dan ketahanan pangan nasional untuk beberapa tahun kedepan. Kondisi yang ditimbulkan karena dampak dari masalah pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial, ekonomi masyarakat, dan hal itu sesuai dengan Undang – Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Menyikapi situasi kondisi tersebut, Forum Kewirausahaan Sosial (FKS) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat perkebunan pertanian dan peternakan perikanan, serta pelatihan Vocasional berbasis potensi lokal bidang pengolahan pangan. Acara yang digelar selama 3 (tiga) hari (dari tanggal 28,29,30), dihadiri langsung oleh staf khusus Menteri KUKM, Asdep Pengembangan Kewirausahaan, Kadis KUKM Kota Bogor, bertempat di Bumi Katulampa Bogor.

Dalam penjelasannya Ketua FKS Jawa Barat yang juga sebagai Ketua Penyelenggara, W. Hidayat Tambri didampingi oleh Sekertaris FKS Defpri kepada awak media-jabar.net mengatakan, tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya.

Ketua FKS Jawa Barat, W. Hidayat Tambri bersama Perwakilan Kementerian KUKM Kabid Peran Organisasi Profesi Khalif Mujtahid, Kamis 30/07/2020. (Den.Mj)

”Kami bekerja sama dengan Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah menyelenggarakan pelatihan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah agar ada peningkatan kapasitas dan kualitas produksi dan pengembangan pasar serta membangun konektivitas pasar dan jaringan pemerintahan,” jelas Hidayat usai penutupan acara pelatihan, Kamis 30/08/2020.

Disampaikan juga dalam keterangannya, “Adapun para peserta yang mengikuti acara pelatihan ini berasal dari wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Untuk peserta pelatihan kali ini kami mengundang 60 (enampuluh) orang para pelaku usaha dari wilayah Kota dan Kabupaten Bogor dari berbagai bidang jenis usaha,” papar Ketua FKS Jawa Barat.

“Kami berupaya menjadi jembatan bagi para pelaku usaha dengan pihak pemerintah pusat ataupun darah, dan jaringan-jaringan permodalan serta pasar,” terang Hidayat.

Selepas usai acara pelatihan tersebut, banyak juga disampaikan oleh para peserta, “agar kegiatan pelatihan yang digelar FKS Jawa Barat bersama Kementerian KUKM tidak hanya sekali ini saja, akan tetapi bisa terus berkelanjutan untuk program pelatihan kedepannya. Disamping itu juga masih banyak para pelaku usaha kecil dan menengah lainnya yang ingin mengikuti pelatihan, supaya usahanya juga turut berkembang sukses,” harapnya.

Editor & Penerbit : Den.Mj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *