Kolonel Inf.Asep Rahman Taufik Semua Jadi Prioritas Termasuk Lahan Kritis KBU

Bagikan berita:

Media Jabar.Net Bandung -Sejak tahun 2018, 2019 dan masuk 2020, semua permasalahan Sungai Citarum yang ada di Sektor 22 itu semuanya menjadi priorotas.

Setidaknya di Sektor 22 Citarum Harum terdapat 7 permasalahan diantaranya kotoran Sapi. Lahan kritis KBU.Sampah Rumah Tangga.Limbah Domestik/BAB Sembarangan (ODF)Limbah Industri,Sadimentasi ,Prilaku Budaya Masyarakat.

Semua jadi prioritas namun saat ini Dansektor 22 Kolonel Asep Rahman Taufik sedang giat – giatnya menanam pohon di lahan kritis KBU, Gerakan penanaman pohon yang sudah 2 Tahun terus dilakukan hingga 30.000 pohon yang sudah tertanam di KBU, penanaman pohon kadang di lakukan bersama – sama dinas , komunitas atau penggiat lingkungan .

Lahan kritis di KBU menjadi Perhatian Serius Dansektor 22 , mulai dari penyediaan kompos di lembang hasil dari kotoran sapi, dan pembibitan  di Dago Resort seluas 3 Ha, Sudah bisa memproduksi  28.000 pohon keras siap tanam, terdiri dari 23 jenis pohon seperti : Suren, Rasamala, Tarum, Mahoni Uganda, Parahiba, Cadar Honduras, Ketapang, dll.

Permasalahan lahan Kritis masyarakat yang cukup luas di wilayah kecamatan Lembang dan kecamatan Cimeunyan, seluas 1.450 Ha. Ini perlu segera dilakukan penanaman dengan pohon yang memiliki 2 fungsi. Fungsi sebagi konservasi dan fungsi ekonomi .

Dengan harapan bisa menghijaukan kembali KBU ditengah gencarnya pembukaan lahan hijau untuk dijadikan hunian atau perambahan lain

“Mudah mudahan hasil tanam di KBU Cimenyan juga bisa tumbuh subur seperti yang ditanam di Cisurupan, Insha Alloh bakal tumbuh, soalnya saya sudah berkomitmen dengan pemilik dan penggarap di KBU, bahkan pohon yang ditanampun sesuai dengan permintaan mereka, via Sosialisasi yang dilakukan Satgas bersama warga pemilik lahan,” Harap Dansektor.

Hasil tanam yang dilakukan Dansektor 22, semuanya diawasi oleh anggota satgasnya, walaupun sudah ada komitmen dengan warga pemilik lahan, bahkan bukan jumlah yang sedikit, di KBU sejak awal tahun 2020 sampai saat ini (akhir maret 2020) sudah mencapai 30.000 pohon yang ditanam.

Asep/ Jpch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *