Dansektor 22 Kolonel Inf.Eppy Gustiawan Sosialisasi ke Warga Yang Tinggal Di Bantaran Sungai Cikapundung Kolot

Bagikan berita:

Mefia Jabar.Net.Bandung, – Sektor 22 Satgas Citarum Harum kembali melaksanakan sosialisasi kepada warga yang bertempat tinggal di sepadan sungai Cikapundung Kolot wilayah RW. 01 dan 10 Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Kamis (31/03/22).

Sosialisasi di hadiri Komandan Sektor 22 Kol Inf Eppy Gustiawan, S.I.P. beserta SKPD Kota bandung dan unsur kewilayahan bertempat di Gedung Sarana Pendidikan Terpadu PC. Persis Batununggal Lt. 2 Jl. Gatot Subroto Gg. Maleer V No. 20 Rt. 02/01 Bandung.

Dalam sosialisasi ini Dansektor 22 memaparkan tentang Perpres No. 15 Tahun 2018 untuk mengembalikan sungai kepada fungsinya.

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P. menyampaikan, Sosialisasi dilakukan secara pentahelix atau tim untuk menindaklanjuti rangkaian program Citarum Harum.

“Hari ini kita melakukan sosialisasi dengan memberikan pemahaman kepada warga yang berada di sepadan sungai Cikapundung Kolot”. Ucapnya.

Terkait dengan tata ruang yang ada, Eppy menjelaskan, bahwa sepadan sungai pemanfaatannya bukan untuk tempat pemukiman atau kepentingan pribadi karena sepadan sungai untuk kepentingan bersama.

“Kami sosialisasikan dan ada beberapa pertanyaan dari warga. kami sampaikan, intinya apabila bangunan yang berada di sepadan sungai memiliki sertifikat atau legalitas kepemilikan secara sah kami tidak akan ganggu gugat”. Jelas Eppy.

Lanjutnya, nanti sesuai peranan tugas dan fungsinya, pihak BPN yang akan mengukur,bila mana kepemilikannya tidak ada maka kita akan tertibkan sesuai dengan lahan-lahan pemerintah (Negara).

“Hal ini pemberlakuan sama dengan wilayah yang sesudahnya. Kami lakukan sosialisasi serta penertiban di Kelurahan dan Kecamatan lain yang ada di Kota Bandung”. Katanya.

Dansektor menegaskan, disini kita tidak membeda – bedakan. Nanti ada kecemburuan sosial, selama ini yang kita lakukan berjalan humanis, aman dan lancar.

“Setelah sosialisasi kita lakukan secara bertahap, mulai dari verifikasi data kepemilikan dalam kurun waktu yang ada”. Tegasnya.

Pada kesempatan ini, Eppy menyampaikan, kita dihadapkan dengan bulan suci ramadhan, namun dari awal masyarakat sudah mengetahui dengan kegiatan yang dilaksanakan.

“Dari awal masyarakat sudah mengetahui, sehingga dalam kurun waktu yang ada mereka sudah mempersiapkan diri kemana mereka akan tingal”. Ucapnya.

Hal serupa di ungkapkan Camat Batununggal Drs. Tarya, M.AP. bahwa kegiatan ini lanjutan dari kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan di Kelurahan Binong dan Gumuruh. Selaku aparatur pemerintah wajib menyampaikan program Citarum harum.

“Kami melihat secara langsung masyarakat sudah memahami apa yang sudah menjadi kewajiban selaku warga”. Katanya.

Ia berharap, semoga hal ini bisa terus di fahami oleh masyarakat lainnya, karena akan berlanjut ke RW lainnya di perkirakan untuk Kelurahan Maleer ada sekira 6 RW yang akan terdampak.

“Semua di kerjakan secara bertahap. hari ini sosialisasi baru 2 RW saja, RW. 01 dan 10, semoga saja semua nya bisa berjalan dengan lancar”. Harapnya.

Tarya juga mengatakan, tadi juga sudah komitmen bersama, bahwa hari ini sosialisasi di ramadhan nanti kami lakukan verifikasi data, dan setelah lebaran (Idul Fitri) kita akan berlanjut sosialisasi ke RW lainnya.

“Sungai Cikapundung ini merupakan anak sungai Citarum. Kedepan bisa menunjang program Citarum Harum dengan kondisi yang bebas sampah, bebas limbah rumah tangga”. Tutup Tarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *