Dansektor 22 Kolonel Inf.Eppy Gustiawan Jaga Citarum Hargai Para Pejuang

Bagikan berita:
Media Jabar.Net.Bandung – satgas Citarum harum Sektor 22 Sub 12 melakukan giat karbak di CRS (Cikapundung River Spot) Kel. Braga Kec. Sumur Bandung yang di dukung puluhan komunitas dan 6 OPD Kota Bandung serta gober kelurahan Braga bersihkan sampah dan sedimen Jum’at (14/8/2020).
Nampak terlihat suasana gotong royong sekitar 345 orang terlibat dalam  membersihkan sungai cikapundung yang di motori Sattgas citarum harum  Sektor 22 sub 12  ini dalam rangka memperingati  Hari
Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 .
 
Yang tergabung dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas PU Kota Bandung,  PPK Ops 1 BBWS, Sekretaris DLHK , Kabag Kebersihan DLHK,  Kepala UPT DAS DPU , Kasie Kebersihan DLHK , Kasie BD BPBD Prov. Jabar, Perwakilan Diskas PB , Perwakilan PD Kebersihan Kota Bandung.
Jumlah Peserta yang terlibat sebanyak 345 orang terdiri dari :

1. Sektor 22 60 orang
2. DPU Kota Bandung 50 orang
3. DLHK Kota Bandung 15 orang
4. BPBD Prov. Jabar 10 orang
5. Komunitas Cikapundung 70 orang
6. XTC 30 orang
7. Brigez 30 orang
8. Komunitas Brotherhood 20 orang
9. Komunitas BMX 15 orang
10. Padepokan Cigadung 15 orang
11. Mahasiswa UPI 15 orang
12. Penggiat Sungai Jabar 15 orang.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut berhasil mengangkat sampah sebanyak4 ton, batu kali lk 37 kubik, sedimen 60 kubik.

Dansektor 22, Kol. Inf. Eppy Gustiawan memimpin pada giat ini, ia mengatakan,” Sungai citarum harus kita jaga dan di rawat, mengingat para pendahulu kita yang berjuang untuk sungai citarum sebagai sumber kehidupan, para pendahulu kita dengan susah payah merebut dari kaum penjajah pada Tgl. 14-08-1945 di Reungas Dengklok, maka perlu pantauan yang serius pada pembersihan sebagai bentuk penghormatan dari kita ,” Ungkap Dansektor.
“Sungai Cikapundung yang bermuara di Sungai Citarum, perlu pemeliharaan serius dari kebersihannya, jumat ini kita  melakukan pembersihan terpadu dari beberapa komunitas pemuda merupakan moment yang bagus, sebagai pemuda kita kaitkan dengan semangat perjuangan jaman dahulu,” Pungkas nya.
Pasca pembersihan hari ini, Kolonel Eppy pun berpesan bahwa pemeliharaan kedepan perlu berkelanjutan, selain menyajikan kebersihan di pusat kota, karena sangat berpengaruh kepada masyarakat yang mengunjungi Kota Bandung supaya betah dan nyaman, maka fungsi sungai akan kembali sebagai sumber kehidupan.
Dalam kesempatan tersebut Kadis DPU Kota Bandung (Ir. Didi Ruswandi, M.T.) menanggapi serius tentang pemeliharaan kebersihan sungai dari sampah dan sedimentasi yang selama ini bekerja sama dengan satgas Citarum Harum sektor 22.
“Kami merasa terbantu dengan adanya Satgas Sektor 22, kalau pemeliharaan sungai kita perlu perbaikan dari hulu, supaya sedimentasi agar sendimen nya tidak terbawa ke hilir ,” terangnya.
Sementara Tanggapan dari Sopyan Hernadi, selaku Kabid kebersihan DLHK Kota Bandung, sangat mengapresiasi pada Dansektor 22. Mengatakan ,”Kami akan terus bekerja sama dengan satgas terkait kebersihan dari sampah, yang jelas Program Kang Pisman merupakan salahsatu solusi untuk pengelolaannya,” ujarnya.
(Asep/Jpch).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *