Sektor 9 Citarum Harum Pembuatan Biopori di Kawasan Penduduk Wilayah Desa Pangauban dan Cipendeuy

Bagikan berita:

Kab Bandung Barat, MediaJabar.Net –
Guna mencegah timbulnya banjir, maka tim satgas Citarum Harum sektor 9 menginisiasi dibuatnya biopori sebagai salah satu antisipasi agar air hujan dapat terserap dengan baik. Maka dilaksanakan pembuatan biopori untuk serapan air tanah dan mempercepat surutnya genangan air hujan, Rabu (3/4/2024).

Pembuatan biopori berlangsung di dua titik. Salah satunya di Kp Sukamanah RT 04 RW 01, Desa Pangauban Kecamatan Batujajar. Dengan personil TNI 7 orang dan masyarakat 4 Orang. Lubang biopori yang dibuat sebanyak 56 lubang.

Lalu di titik kedua yang berlangsung di Kp Cibacanag, Desa Cipeundeuy Padalarang RT 01 RW 05 dan RT 04 RW 06. Lubang biopori yang dibuat sebanyak 44 Lubang.

Giat tersebut dipimpin Pasiops Lettu Inf Suryana Wijaya. Ia menerangkan bahwa pembuatan biopori banyak sekali manfaatnya. Apalagi semakin meningkatnya pemukiman penduduk maka daerah resapan air menjadi berkurang.
Maka biopori dinilai solusi yang tepat diterapkan agar air hujan bisa meresap dengan cepat. Biopori juga dinilai tepat diterapkan di pemukiman penduduk yang padat, hal ini pula dilakukan sebagai antisipasi banjir.

(Intan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *