PENINGKATAN KUALITAS KADER POSYANDU DESA CANGKUANG WETAN BERSAMA MAHASISWA KKN UPI SEKTOR 7 MELALUI APLIKASI GIZIKU

Bagikan berita:

Media Jabar.Net.Kab Bandung –
Kuliah Kerja Nyata Tematik Citarum Harum Multihelix yang dilakukan oleh mahasiswa UPI kelompok 3 di sektor 7 berkoordinasi dengan Tim Penggerak PKK Desa Cangkuang Wetan melakukan penyuluhan penggunaan aplikasi Giziku kepada kader posyandu Desa Cangkuang Wetan.

Dalam pelaksanaannya acara yang eksklusif ini dihadiri oleh 52 kader posyandu desa setempat, dibuka oleh Sekretaris Desa Bapak Sani Nur Sidiq, S.Kom dan dihadiri juga oleh perwakilan dari Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan dan Pengembangan KKN LPPM UPI Dr. H. Abu Bakar, M.Pd.

Tujuan dilaksanaan kegiatan ini supaya kader-kader yang di bawah ataupun yang ada di desa itu memiliki kapabilitas dan pengetahuan, sehingga mampu memodifikasi pelaksanaan posyandu di desa Cangkuang Wetan. Kerjasama yang dilakukan dengan mahasiswa UPI dalam peningkatan mutu kualitas kader yaitu terlaksananya penyuluhan aplikasi Giziku KKN UPI.

“Untuk kegiatannya, saya berpikir ini adalah kegiatan yang sangat baik untuk saya pribadi khususnya, karena ini merupakan pengalaman dan penambahan ilmu untuk kader-kader posyandu yang ada di bawah. Melihat keadaan sekarang kader-kader posyandu yang usianya dibilang bukan millenial, akan tetapi harus ditanamkan segala sesuatu kegiatan hari ini adalah perlu sekali dengan adanya teknologi. Mudah-mudahan dengan adanya teknologi aplikasi Giziku ini dapat membantu tugas-tugas kader di bawah.” ujar Ketua TP PKK Desa Cangkuang Wetan, Ibu Tini Sri Wahyuni, S. Pd., pada saat memberikan sambutan pada kegiatan peningkatan kualitas kader di Aula Balai Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuh Kolot Kabutapten Bandung, Sabtu, (18/01/2020).

Selain itu, rangkaian kegiatan ini juga mengundang tenaga pelaksana gizi atau nutritionist Puskesmas Cangkuang sebagai pemateri sosialisasi gizi. Dalam kesempatan yang sama tim nutritionist yang diwakili oleh Bapak Faisal Gozali, S. Gz., menginformasikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menanggulangi permasalahan gizi di Desa Cangkuang ini.
“Melihat keadaan status gizi yang ada di beberapa daerah di Kecamatan, Cangkuang merupakan salah satu daerah yang permasalahan gizinya tidak terlalu banyak yang dilihat dari beberapa data sirkesnas dan dari data bulanan balita.

Aplikasi Giziku yang dibawakan mahasiswa KKN UPI nanti akan diadopsi oleh Puskesmas sebagai controling dan kedepannya akan dilakukan up to date dalam penggunaan aplikasi ini sehingga apa yang diperlukan oleh masyarakat itu ada dalam menu aplikasi tersebut.” ujarnya.

Hal serupa disampaikan juga oleh perwakilan dari Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan dan Pengembangan KKN LPPM UPI Dr. H. Abu Bakar, M.Pd. bahwa dalam mendukung program KKN UPI proses edukasi terhadap masyarakat itu sangat penting.
“Penyuluhan aplikasi Giziku yang dolakukan mahasiswa ini sudah berhasil dan berjalan sangat baik.

Harapan kedepannya mudah-mudahan penerapan aplikasi Giziku dilakukan berjenjang dengan tindak lanjut melakukan penyuluhan kembali pada kader-kader yang ada di RWnya masing-masing. Semoga manfaatnya bukan hanya dirasakan sekarang melainkan dirasakan untuk jangka panjang.” ungkapnya.

Sementara itu, tim KKN UPI kelompok 3 yang diketuai oleh Afif Lukmansyah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro memperdayakan program Citarum Harum bukan hanya dengan melakukan kegiatan ini saja, diantaranya melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Citarum, membuat apotek hidup dan melakukan pengajaran mengenai pola hidup bersih, pengelolaan sampah plastic less waste. Diharapkan KKN di Desa Cangkuang Wetan tidak berhenti hari ini saja tetapi harus terus berlanjut.

Tim Penulis
Iqbal-Sita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *