Mahasiswa Poltekesos Bandung Gali Realitas Sosial Masyarakat Flyover Pasar Rebo

Bagikan berita:

Media Jabar. Net. Jakarta–Salah satu kelompok mahasiswa Poltekesos (Politeknik Kesejahteraan Sosial) Bandung yang sedang melakukan magang di Sentra Handayani Kemensos RI di Jakarta melakukan kegiatan turun lapangan ke wilayah di sekitar flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Minggu (24/3) lalu.

Aktivitas itu dilaksanakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang realitas sosial di lingkungan perkotaan yang bertujuan untuk memahami kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di kawasan tersebut.

Dalam kunjungan mereka, mereka menemukan beragam fenomena sosial yang menarik di bawah flyover tersebut. Salah satu hal yang menarik perhatian mereka adalah keberadaan sejumlah pengamen yang berusaha mencari penghasilan di tengah-tengah kepadatan lalu lintas yang melintas di atas mereka.

Para mahasiswa dengan penuh perhatian mencatat dan mewawancarai beberapa pengamen tersebut untuk memahami lebih jauh latar belakang dan motivasi mereka. Selain para pengamen, mahasiswa juga melihat sejumlah pedagang asongan yang menawarkan berbagai barang dagangan mereka di bawah flyover. Mereka memperhatikan dengan seksama cara pedagang asongan berinteraksi dengan para pengguna jalan yang singgah sejenak untuk membeli barang dagangan mereka. Para mahasiswa mencatat bahwa keberadaan pedagang asongan tersebut memberikan gambaran tentang dinamika ekonomi informal yang hidup di sekitar wilayah tersebut.

Dalam interaksi mereka dengan para pedagang asongan dan pengamen, mahasiswa tersebut mendengarkan cerita dan pengalaman hidup yang dihadapi oleh para pelaku ekonomi informal tersebut. Beberapa di antara mereka menceritakan tantangan ekonomi yang mereka hadapi, sementara yang lain berbagi kisah tentang bagaimana mereka mencari nafkah untuk keluarga mereka. Kesempatan ini memberikan wawasan yang berharga bagi mahasiswa mengenai ketahanan ekonomi dan perjuangan hidup sehari-hari di tengah-tengah kota metropolitan.

Selain itu, mahasiswa juga menemukan sejumlah supir angkutan umum yang memanfaatkan area di bawah flyover sebagai tempat istirahat sejenak. Mereka mengamati bagaimana supir-supir tersebut berinteraksi antara satu sama lain dan bagaimana mereka menghabiskan waktu istirahat mereka sebelum melanjutkan perjalanan.

Mahasiswa juga mendengarkan keluhan serta aspirasi para supir mengenai kondisi transportasi dan lingkungan kerja mereka. Hal Ini membantu mahasiswa memahami tantangan dalam sektor transportasi publik, serta potensi perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kondisi kerja para pengemudi.

Kehadiran mahasiswa Poltekesos Bandung dalam turun ke lapangan ini bukan hanya sekadar observasi, namun juga turut membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang realitas sosial di tengah masyarakat perkotaan. Dengan melakukan interaksi langsung dan wawancara dengan para pelaku ekonomi informal di bawah flyover, para mahasiswa dapat merasakan langsung dinamika kehidupan mereka dan memperdalam pemahaman mereka tentang berbagai isu sosial yang terkait.

Dari aktivitas turun lapangan tersebut, mahasiswa Poltekesos Bandung diharapkan dapat menghasilkan analisis yang mendalam tentang realitas sosial dan ekonomi yang berada di bawah flyover Pasar Rebo. Hasil analisis mahasiswa diharapkan dapat menjadi dasar untuk menyusun rekomendasi kebijakan yang relevan dan berkelanjutan bagi pemerintah dan pihak terkait. Dengan demikian, kegiatan magang dapat memberi manfaat bagi pengembangan dan kontribusi nyata dalam upaya perbaikan kondisi sosial di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *