Media Jabar.net- Subang, 18/07/2019. Hari Krida Pertanian yang ke 47 ini dilaksanakan dan berlangsung di Wilayah Tasik.

Dalam acara tersebut melibatkan/ di ikuti oleh semua elemen masyarakat dari berbagai Kota/ Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, salah satu diantaranya : Dinas Pertanian Kabupaten Subang (Haji Nana), Perwakilan dari DPD LPM Kabupaten Subang (Indra Munawar Rosyid S. ST.) Dan para Kelompok Tani serta para Pelaku Usaha dibidang Pertanian. Acara berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 18 Juli 2019 di Komplek Stadion Dadaha, Kabupaten Tasik.

Melihat pentingnya tatakelola dibidang Pertanian maka dari itu acara HKP ke 47 ini memakai Tema *(Mewujudkan Petani Milenial menuju JABAR JAWARA LAHIR BATIN*) Seiring dengan perkembangan Teknologi dan permintaan Pasar akan hasil Pertanian ini maka Para pelaku Usaha dibidang pertanian/ Petani diharuskan kembali pada penggunaan Pupuk yang berimbang antara Kimia dan Organik agar bisa mempertahankan kesuburan tanah.

Tujuan dari terselenggaranya acara tersebut adalah agar semua kegiatan dibidang Pertanian bisa meningkatkan Kapasitas Petani dalam mewujudkan Kemandirian Pangan dengan menjalin Integrasi dan Sinergitas antara Pemerintah,

Masyarakat Tani serta Pelaku Usaha dibidang Pertanian. Menurut Indra Munawar Rosyid, S. ST. perwakilan dari DPD LPM Kabupaten Subang yang hadir dan ikut acara tersebut kepada Media Jabar.net Selain Integrasi dan Sinergitas serta dengan melakukan Koordinasi pada pihak- pihak dibidangnya.

Pentingnya Digitalisasi Pertanian ini untuk Peningkatan Produksi dan memperluas Market/ Pemasaran. Khususnya di Kabupaten Subang bagi Masyarakat Tani, Bisnis Produk Agro harus bisa menjadi kekuatan Desa untuk meningkatkan Kesejahteraan Warganya selain bersifat Strategis terkait dengan Pemenuhan Pangan dan Industri juga bisa sebagai Sarana Perekat Pemersatu Desa serta diharapkan dapat memunculkan Sumber- sumber Ekonomi baru ditiap Desa.

Peran LPM sangat penting sebagai Mitra Pemerintah untuk menyambut target Gubernur JABAR Mendigitalkan seluruh Desa serta Program- program JAWARA (JIMAT AKUR) Kabupaten Subang bisa sesuai target dan terealisasikan kepada Masyarakat *MENUJU SUBANG DAN JABAR JAWARA*

.Dengan demikian program- program Pemberdayaan yang fokus utamannya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, sehingga kesejahteraan Ekonomi dan Pangan tercapai. LPM bersama perangkat Desa menggali potensi SDA dan SDM Lokal untuk membentuk usaha- usaha produktif di masyarakat, sehingga Dana Desa yang sudah ada dan berjalan tidak hanya pada bidang infrastruktur saja serta kalau mengingat misi utama Dana Desa adalah dalam rangka mendorong untuk pertumbuhan usaha produktif masyarakat sehingga bisa terwujud dan terlaksana kemandirian, akan tetapi disisi lain perangkat Desa harus bisa mengidentifikasi potensi Desanya. (Dan’s).

Check Also

Demi Sukseskan Program Citarum Bamin Dan Baop Sektor 22 Jalin Silaturahmi Dengan SKPD

Media Jabar.Net.Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah telah terlewati, ASN di jajaran Pemerint…