Media Jabar.Net. Bandung (31/03/2019) Tak kurang dari 50 orang utusan dari 15 RW di Kelurahan Sukapura memadati ruangan untuk mengikuti kegiatan acara yang daiadakan karang taruna yang bertajuk “NGABAKAR” Salah satu program unggulan dari sekian banyak program Karang Taruna kota Bandung .

Ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah kota Bandung yakni Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) yang digulirkan. NGABAKAR (Ngabahas Karang Taruna) dan dalam bahasa sunda ngabakar adalah membakar identik membakar semangat para peserta.

Acara yang dihadiri oleh unsur Muspida dilingkungan kelurahan dan ketua MPKT, mantan pengurus Karang Taruna pada masanya, ini dimulai pada pukul 09.00 dan dibuka secara resmi oleh Lurah Sukapura Asep Darojat dengan menghadirkan dua nara sumber Dicki Dirmania, wakil ketua Karang Taruna kota Bandung yang membahas tuntas tentang apa itu karang taruna dari sisi hukum dan organisasi secara mendasar.

Sementara wakil ketua karang taruna kecamatan Kiaracondong Darajat alias Zimzim mengetengahkan materi kedua tentang kesejahteraan sosial. Dalam sambutan pembukaan Brio Depiola Ramayudha selaku ketua karang taruna Patria Undagi kelurahan Sukapura mengatakan bahwa karang taruna itu merupakan organisasi dasar sebelum kita melangkah masuk ke organisasi yg lebih besar dan menajdi pengurus karang taruna harus hobi dan ada rasa nyaman dalam menjalankan roda organisasinya.

Dalam keterangannya pada  media jabar Dicki mengatakan ,” acara ngabakar ini adalah kegiatan untuk memberikan pemahaman secara detail dan benar tentang histrory, tupoksi, sruktur organisasi dan payung hukum pembentukan karang taruna secara mendasar.

Agar supaya didalam menjalankan roda organisasi sosial karang taruna tidak hanya sebatas gugur kewajiban. Tapi harus ekuivalen dengan perkembangan aspirasi masyarakat dan variable permasalahan yg muncul di masyarakat. Dan beroruentasi mengacu kepada 5 pilar organisasi karang taruna yakni 1.Managemen organisasi 2.Pelayanan kesejahteraan sosia 3.Usaha ekonomis produktif 4.Rekreasi,olahraga,kesenian dan keagamaan 5.Jejaring kemitraan. Sehingga penguatan kelembagaan, menggali potensi, berkarya dan pengembangan diri untuk selalu menajadikan karang taruna juara dan dirasakan manfaat keberadaannya oleh masyarakat.

Dan yang lebih penting lagi penggelontorkan dana melalui PIPPK untuk 151 kelurahan unit karang taruna di kota Bandung benar-benar efektif, tepat guna dan sasaran imbu Dicki. (RonPeg)

Check Also

Jajaran Pengurus serta Anggota DPD FPRN Provinsi Jabar Minta Aparat Keposisian Segera Tangkap dan Tindak Pelaku Penembakan Wartawan

Asep Mulyana Sekertaris FPRN Media Jabar.Net. BANDUNG – Pimred Media Online LasserNews, Ma…