Dansektor 22 Tinjau Langsung Pembersihan Sungai Cikendal

Bagikan berita:

Bandung,swarabandung.net –Satgas Citarum Harum Subsektor 06-22 Kota Bandung wilayah Kecamatan Bandung Kulon telah melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan penumpukan sampah dan rumput yang berada dikirmir aliran sungai Cikendal.

Sungai Cikendal tepat di Rt 03, 04, dan Rt 07, Rw 01 dan rt 04 Rw 10 Kelurah Cijerah kecamatan Bandung Kulon, sepanjang 500 m sungai dibersihkan hingga sampah berhasil diangkat, sebannyak 33 karung, langsung diangkut ke TPS Terdekat.

Kegiatan ini dikunjungi oleh Dansektor 22 (Kol inf Asep Rahman Taufik), kedatangannya ini,  dilanjutkan untuk pengecekan lokasi TPS yang berada di wilayah Rw 07 dan Rw 09, Kelurahan cijerah Kec. Bandung Kulon.

Sub 06-22 dibawah pimpinan Dansubsektor, Pelda Mulyanto, mengatakan, “Kami sepakat melaksanakan tugas dalam percepatan pengendalian DAS citarum secara bersama-sama, dengan tujuan untuk mewujudkan kebersihan sungai dari hulu sampai ke hilir,” tegas Mulyanto

“Pencemaran sampah domestik (rumah tangga) sudah menjadi tanggung jawab kita bersama mengatasi dampak titik penumpukan sampah yang terjadi di sungai cikendal dengan hasil 33 karung/ 5 roda sekitar 450 kg” ucap Mulyanto.

“Pembersihan ini kami lakukan  secara bertahap dan berkesinambungan juga perlunya dukungan kesadaran masyarakat yang selama ini menjadi kendala, dampak dari sampah masyarakat, sampai saat inipun masih ada yang belum sadar masih membuang sampah terutama yang ada di bantaran Sungai Cikendal,” ujarnya
“Terjadinya penyumbatan di aliran Sungai Cikendal dan pendangkalan sungai bisa teratasi, dibutuhkan adanya kerja sama semua unsur, baik pihak  masyarakat Rt dan Rw ataupun pemerintahan kewilayahan, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan supaya terciptanya program citarum harum ke depan bisa diatasi” pungkasnya.

Hadir di kegiatan ini, Dansektor 22, Management PT.  Gap (Indra), Kabag umum PT. Gap (Rinjana), Anggota satgas citarum harum sektor 22-06 Kota Bandung, Bko Koramil 0618/ bs, Anggota baraya sub 6, Ketua Rw 07 Kel Cijerah (Suprianto), Masyarakat Rw 07 Kel. Cijerah (Mamat Rk.).

Program Citarum Harum harus disemangati pula oleh Pemerintah Kewilayahan, karena segala sesuatunya akan berjalan lancar, baik tenaga maupun dukungan yang lainnya. ( Asep.M/JPCH).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *